Duo Cabup di Sumbar, Fikri Hidayat dan Rizki Abdian Putra, Jemput Aspirasi Perantau

oleh -

Duo Cabup di Sumbar, Fikri Hidayat dan Rizki Abdian Putra, Jemput Aspirasi Perantau

Semangatnews, Batam – Barakallah fii umrik (Semoga Allah memberkahimu di Usiamu). Tepat di hari lahirnya, 24 Agustus 1977, Fikri Hidayat, bersama Rizki Abdian Putra, setelah melakukan kunjungan muhibah bertemu dunsanak dan pengusaha Minang asal Negara Jiran Malaysia, Singapura dan Batam, membuat keduanya semakin yakin dan kokoh untuk maju di ajang Pemilihan Bupati dalam Pilkada 2020 di daerah masing-masing, yakni Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Sijunjung. Target keduanya tentu untuk membangun kampung halaman Limapuluh Kota dan Sijunjung, Sabtu (23/8/2019)

Para perantau Minang sangat kagum dan senang saat bertemu keduanya, yang merupakan tokoh muda yang siap menjadi calon Bupati di Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Limapuluh Kota. Diceritakan Fikri, pertemuan bertajuk nostalgia sambil merayakan ulang tahun Fikri Hidayat, ini dimotori langsung Rizki Abdian Putra dan para perantau Minang di sebuah lokasi di kawasan Pulau Batam, Kepri ini.

“Melepas kerinduan akan kampung halaman saat tukar pikirian bersama warga perantau, ini perlu kita sikapi bersama,” sebut Rizki, pengusaha muda Sijunjung bidang transportasi ini. Bagi para perantauan ini tentu menjadi momen istimewa pula, ketika didatangi Calon Bupati kab Sijunjung dan Kab Limapuluh Kota. Karena bisa membangun komunikasi dan bersinergi antara kampung dengan urang awak dirantau, dengan perantau Singapura, Malaysia dan Batam.

Rizki Abdian Putra, sebagai Calon Bupati Sijunjung dan Fikri Hidayat, Calon Bupati Limapuluh Kota, para perantau mengajak keduanya sama-sama menatap ke depan membangunan kampung halaman.

“Dan ekonomi masyarakat harus menjadi perhatian utama dan selalu kita utamakan,” ucap Aris, seorang pengusa rental di Batam dan Singapura.

Para Perantau, sambung Aris, siap pulang mudik melihat kampung halaman, disamping melepas kangen dan bernostalgia bersama masyarakat, juga ikut menyukseskan proses Pilkada 2020 di dua daerah, yakni Sijunjung dan Limapuluh Kota.

Gayung bersambut, Rizki Abdian Putra bersama Fikri Hidayat, siap menanti kehadiran urang rantau di kampung halaman dalam acara yang Suksesi Pilkada 2020 di Sijunjung dan Limapuluh Kota.

Aris mengatakan momentum Pilkada menjadi saat yang istimewa untuk berjumpa dengan kerabat baik yang jauh maupun yang dekat. Seperti Lima tahun sebelumnya, para warga rantau kembali diundang untuk saling bertemu dan mempererat tali silaturahim di kampung halaman.

“Kami akan undang semua diaspora (perantau yang tersebar di berbagai wilayah) untuk pulang ke kampung halaman, hadir di Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Limapuluh Kota. Kita ingin mempererat tali persaudaraan antar warga Sijunjung dan Limapuluh Kota, meskipun mereka domisilinya saling berjauhan,” kata Aris, Sabtu (24/8/2018).

Aris melanjutkan, pertemuan nantinya, misalnya diadakan di Kabupaten Limapuluh Kota, akan dapat dijadikan sebagai ajang untuk berbagi pengalaman para perantau yang telah sukses di perantauannya masing-masing. Kisah sukses mereka diharapkan bisa menjadi motivasi bagi generasi penerus buat kabupaten Limapuluh Kota, dan kabupaten lainnya, agar tidak takut mengejar sukses meski jauh dari tanah kelahirannya.

“Membangun daerah itu penting. Tidak harus selalu berada di kampung, tapi juga bisa dari negeri orang, seperti Batam, Malaysia dan Singapura. Semua kita hendaknya harus berkontribusi untuk memajukan daerah. Minimal menciptakan imej baik daerah asal kita. Itu berkontribusi sekali bagi suatu daerah,” tambah Aris di hadapan Calon Bupati Sijunjung dan Limapuluh Kota.

Sementara itu, Rizki Abdian Putra,mengatakan, acara yang ini sangat berguna bagi kami. Karena banyak masukan yang kami dapat dari perantau dan menjadi bekal bagi kami untuk ikut bersaing di Pilkada 2020.

“Memang acaranya santai, bernostalgia sambil menikmati dan merayakannya Ulang tahun Cabup Fikri Hidayat, tapi berbagai masukan kita terima dan akan kita salurkan bila kami dipercaya masyarakat nanti,” tegas Rizki.

“Selain itu kami setiap saat juga bisa bertemu dan ditemui. Ini momen mengobati kerinduan bersaudara termasuk kerinduan akan kampung halaman dalam diskusi hangat dari hati ke hati,” ujar Rizki lagi.

Ditambahkan Fikri, disamping mengobati rindu, keberhasilan dan ramainya perantau yang datang merupakan berkah tersendiri dalam acara ini.

“Aris, sebagai salah satu Perantau yang sukses dengan Bisnis Rental Mobil ini, hendaknya menjadi inspiras bagi kita semua dalam menjalani kehidupan dan berusaha di rantau orang. Siapapun warga rantau kami undang untuk ikut Membangun kampung ini,” pungkas Fikri melirik anggukkan Rizki. (Dedi-smgt)