Editiyawarman : Shalat Ied di Lapangan Merupakan Sunnah Rasulullah

oleh -

Editiyawarman : Shalat Ied di Lapangan Merupakan Sunnah Rasulullah

Semangatnews, Padang – Jemaah Mushalla Mukhlisin yang berada di lingkungan RW XI Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara dan sekitarnya, pertama kali selenggarakan shalat Idul Adha 1440 H di lapangan terbuka jalan Murai RW XI, Minggu (11/08/2019).

Ada sekitar ratusan warga RW XI Shalat Ied di lapangan bekas wisma Adam yang sudah rata, bahkan jamaah antusias melaksanakan ibadah shalat Idul Adha. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran jemaah secara beramai-ramai berdatangan sejak jam 06.00 WIB sembari membaca takbir.

Editiyawarman selaku khatib dan imam mengatakan, Pelaksanaan ini sudah cukup bagus dan jemaahnya mulai dari orang dewasa sampai anak-anak dengan khusuk melaksanakan sholat, apalagi jemaahnya juga ramai sekali.

Secara syari’ah pelaksanaannya sudah mencukupi, semoga shalat ied ini bisa berlanjut terus, imbuh Editiyawarman yang merupakan Camat Padang Utara itu.

“Shalat Idul Adha di lapangan terbuka ini sesuai dengan sunnah Rasulullah “kata Editiyawarman S. Pd selaku khatib shalat Idul Adha

Khotbah Idul Adha dipilih oleh khatib dengan tema “kebangkitan umat untuk keselamatan bangsa” tema tersebut menurut Editiyawarman sesuai dengan kondisi umat dan bangsa pada saat ini. Dimana umat islam dan bangsa ini mengalami kemerosotan mental dalam akidah dan ajaran islam.

Ketua Pengurus Mushalla Mukhlisin, Yusrianto, S.Pd saat di konfirmasi menyampaikan, “kita punya sarana lapangan bekas wisma Adam yang sudah puluhan tahun ditinggalkan sipemiliknya,
berdasarkan kesepakatan bersama warga, kita mulai melaksanakan shalat Idul Adha 1440 H di lapangan yang ada di jalan Murai”.

Selain itu shalat Ied Adha dilapangan mepererat silahturahmi warga RW XI dan sekitarnya,” ulas H. Yusrianto yang merupakan seorang Kepala Sekolah di SD Buah Hati, Air Tawar Barat.

Tokoh masyarakat, H. Jamaris, ST menuturkan, pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban ini sengaja dilaksanakan dalam lingkungan ini, agar meningkatkan ukhuwah islamiyah yang lebih baik, dan sebaiknya keguatan ini dapat berlanjut seterusnya.

Shalat Idul Adha jemaah Mushalla Mukhlisin yang diikuti oleh ratusan jemaah ini dilanjutkan dengan silaturrahmi minum dan makan dilokasi yang sama.

Selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini Mushalla Mukhlisin menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang nantinya daging kurban akan dibagikan kepada fakir miskin dan warga masyarakat RW XI dan sekitarnya. (nov/jj)