Gerakan Menabung dengan Sampah Tema Kunker Wakil Rakyat Padang

oleh -

Semangatnews – Padang, Sejumlah anggota DPRD Kota Padang yang ikut kunjungan kerja seperti Osman Ayub, Amram Tono, Bobi Rustam, Mukhlis, Yandri dan Manufer Putra Firdaus mendapatkan hasil bahwa Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memiliki Unit Khusus Pengambilan Sampah Permukaan Sungai dan GEMES (Gerakan Menabung dengan Sampah).

Kunjungan kerja anggota DPRD Kota Padang mendapatkan hal menarik di Pemrov DKI Jakarta. Selain mulai menerapkan kantong belanja ramah lingkungan juga menambah tenaga dan peralatan untuk pemungutan sampah di permukaaan air khususnya sungai dan waduk, Rabu (19/2/2020).

Dengan demikian, sampah yang merusak lingkungan tidak sampai lagi ke laut dan membuat pantai yang ada DKI menjadi bersih.

Hal ini dilakukan untuk mengendalikan 7800 ton sampah perhari. DKI disamping melakukan pembenahan, juga diluncurkan kegiatan sanitari landfill, DKI juga memakai partispasi masyarakat dengan lounching kegiatan pasukan sosialisasi garbage to money atau sampah menjadi uang.

Pemprov DKI menunjuk salah satu bank sampah induk yang membeli sampah un organik dan saat ini sudah ada 1500 bank sampah di DKI untuk mereduksi sampah di Jakarta serta penyaluran dana pembelian sampahnya melalui bank BNI atau dalam waktu dekat juga bisa dengan Bank DKI.
Semoga kita bisa terapkan di Padang dan akan menjadi pengawas agar Dinas LH setidaknya meniru dan melakukan modfikasi lebih baik, ujar Budi.