Gubernur dan Wagub Sumbar Temui Menko Marves Bicarakan Program Strategis

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Usai Rapat Koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) secara virtual tadi pagi, Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy langsung menemui Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di ruang kerja Menko Marves, Jakarta, Senin (15/3/2021).

Dalam pertemuan itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar menyampaikan masalah percepatan pembangunan insfratruktur Sumatera Barat melalui program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) Padat Karya.

Baca Juga:  Dilantik, 8 Kades Baru Sawahlunto Hasil Pilkades Serentak

Ada 6 (enam) potensi pengembangan wilayah dan percepatan pembangunan Sumbar, yaitu perbaikan insfrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan irigasi dan normalisasi sungai, pengembangan kawasan food estate, pengadaan kapal antarpulau, kawasan ekonomi khusus dan sarana dan fasiltas kesehatan.

Gubernur Mahyeldi melaporkan, sebelumnya pihak dari Kemenko Marves telah melakukan kunjungan lapangan ke Provinsi Sumatera Barat, diantaranya meningkatkan pelayanan pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Mentawai, Pemerintah tengah merancang pembangunan Marina Center di Padang, termasuk jalan trans Mentawai, Bandara Rokot Sipora.

Baca Juga:  Emma Yohana Minta Pemerintah Bangun Fly over Solok Selatan-Dharmasraya

“Mentawai memiliki obyek pariwisata kelas dunia, oleh sebab itu kita perlu bantuan dari Kemenko Marves untuk menyiapkan infrastruktur yang bagus supaya ketika turis mau berkunjung ke Mentawai itu mereka punya pelabuhan yang bagus,” terang Gubernur Sumbar.

Selain itu untuk membangkitkan kawasan pesisir di Sumbar, dimana Pemerintah melakukan pembangunan jalan penghubung dan infrastruktur sisi darat di Pelabuhan Teluk Tapang, di Pasaman Barat.