Gubernur Irwan Prayitno: Daerah Perlu Membuka Diri Untuk Investasi

by -

Semangat Gubernuran-Pemerintah daerah perlu membuka diri untuk kegiatan investasikan, hal ini terkait dengan pesan Presiden dalam Rapat Kerja Pemerintah tentang Pelaksanaan Berusaha di daerah di Istana Negara kemaren.

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno saat membuka sesi Pasaman dan Pasaman Barat Rakor Pembangunan Gubernur dengan Bupati/Walikota se Sumatera Barat, di aula gubernuran, Rabu (24/1/2018).

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, saat ini pelaksanaan pembangunan Indonesia dianggap sehat akan tetapi kenyataannya tidak bisa bergerak cepat. Hal ini terkait dengan kondisi daerah yang terlalu banyak aturan, sistem pelayanan yang belum terbuka dan masih engan beberapa daerah membuka investasi.

Padahal kondisi dana APBD dan APBN amat terbatas, dalam percepatan pembanguan daerah guna meningkatkan pendapatan, kesejahteraan masyarakat.

Kata presiden hanya 20 persen saat ini APBN yang menggerakan sektor ekonomi masyarakat, karena itu kita butuh investasi dalam mendorong percepatan pembangunan.

Untuk pelayanan dan percepatan sektor investasi perlu dibentuk satgas investasi, sehingga koordinasi dan lintas sektor dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

“Sumatera Barat telah membentuk satgas, 10 (sepuluh) provinsi yang telah memiliki satgas dari 34 provinsi di Indonesia,” terang Irwan Prayitno.

Gubenur Irwan Prayitno hugs mengatakan, menurut data saat kemajuan Vietnam dan Thailand sudah diatas pertumbuhan Ekonomi Indonesia, kita tidal menyikapi ini dengan bail, maka Saat ini Laos sudah mendekati bisa saja pertumbuhan ekonomi Laos mengalahkan kita juga.

Maka Presiden berharap dan meminta pemerintah daerah membangun iklim investasi yang baik di daerah, dengan mempernudah.

“Presiden juga menyayangkan masih ada daerah yang tidak pro investasi, sehingga pergerakan pembanguan di daerah berjalan lambat, sehingga kesejahteraan masyarakat lama terwujud,” ungkap Gubernu Irwan Prayitno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.