Gubernur Mahyeldi Ajak Pengurus Baru Dekranasda Berkarya Majukan Produk Kerajinan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pengrajin Sumbar

by -

SEMANGATNEWS.COM – Sumatera Barat memiliki potensi keanekaragaman produk kerajinan yang bernilai seni dan budaya tinggi. Produk kerajinan tersebut sangat potensial untuk dikembangkan dan ditingkatkan menjadi komoditas perdagangan daerah yang unggul.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah saat membuka acara Musyawarah Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Sumbar Tahun 2021 di Auditorium Gubernuran, Rabu (7/4/2021)

Gubernur juga katakan selain itu ia juga katakan produk kerajinannya dapat menjadi mata pencarian sambilan bagi para pengrajin. Berbagai produk 8 yang menjadi Unggulan Provinsi Sumatera Barat seperti produk Tenun, Songket, Bordir serta Sulaman.

“Sebagai contoh untuk Sulam dan bordir Sumatera Barat , merupakan salah satu adikriya anak bangsa yang sarat nilai filosofis dan estetis. Karya sulam sudah lama menjadi bagian dari kehidupan rakyat Indonesia dan dunia, termasuk masyarakat Minangkabau,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi tegaskan Sumatera Barat ditetapkan sebagai Sentra Sulam dan Bordir Indonesia. Dari Sumatera Barat lahir beberapa produk kriya Sulam seperti Kapalo Samek, Suji Caia, Sulam Bayang, Sulam Benang Mas, serta Bordir Kerancang. Hasil kriya ini bahkan telah memecahkan rekor Nasional MURI bahkan dunia untuk kategori Sulam Terpanjang dengan panjang 20 meter.

“Hal ini membuktikan, bahwa Hasil kriya Sumatera Barat diakui oleh berbagai pihak, baik untuk desain, seni pembuatan, maupun kualitas itu sendiri. Produk-produk kriya tersebut harus dikembangkan dan dilestarikan,” ujarnya.

Selanjutnya Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ketua Dekranasda Prov.Sumatera Barat dan kepengurusannya Periode lama yang telah mengangkat dan mengharumkan nama Industri Kerajinan Sumbar, sekaligus telah membantu tugas Pemerintah Daerah dalam membina, mengembangkan serta melestarikan nilai budaya dan Industri Kerajinan Sumatera Barat.

“Untuk itu, kami berharap kepada ketua dan Pengurus Dekranasda Prov.Sumatera Barat, termasuk Dekranasda Kab/Kota kiranya terus berupaya bekerja, lebih keras lagi dalam mengembangkan Industri Kerajinan Sumatera Barat sehingga keberadaannya dikenal lebih luas lagi baik Nasional maupun Internasional,” harap Mahyeldi.

Selamat dan sukses atas Pengukuhan dan pelaksanaan Musyawarah Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Prov.Sumatera Barat ini. Semoga apa yang kita raih pada hari ini menjadi kekuatan dan penuh berkah dalam mengemban tugas mulia ini.

“Teruslah berkarya untuk Sumatera Barat dan Indonesia tercinta,” ujar gubernur pada akhir sambutanya.

Sementara itu Ketua Pengurus Dekranasda Prov.Sumbar Ibu Hj. Harneli Mahyeldi mengatakan Dekranasda dapat mengambil peran dalam mengkoordinir kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasaran Dekranas.

“Adanya musda Dekranasda dalam program kerja daerah tahun 2021 ini dapat menjadi terintegrasi dan terarah dimasa yang akan datang. “Dan mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya para pengrajin di Sumatera Barat,” tutur Harneli.

Harneli Bahar kemudian kepada pengurus dekranasda yang baru dikukuhkan kami ucapkan selamat semoga Allah SWT setiap daya dan upaya yang telah kita persiapkan untuk Sumatera barat mendapatkan pahala yang setimpal. Kita menginginkan disetiap produk-produk unggulan di Sumbar jangan sampai produk-produk itu menjadi punah, pada umumnya para pengrajin-pengrajin yang sudah lanjut usia.

“Disinilah kita mengharapkan Dekranasda kedepan adanya penerus generasi agar diberikan pelatihan-pelatiahan kepada generasi muda untuk membantu pemasaran dan mempromosikan produk UMKM di masing-masing kab/kota di Sumbar,” pinta Harneli.

(Biro Humas Setda Prov Sumbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.