Gubernur Mahyeldi Ajak Pengurus Baru Dekranasda Berkarya Majukan Produk Kerajinan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pengrajin Sumbar

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Sumatera Barat memiliki potensi keanekaragaman produk kerajinan yang bernilai seni dan budaya tinggi. Produk kerajinan tersebut sangat potensial untuk dikembangkan dan ditingkatkan menjadi komoditas perdagangan daerah yang unggul.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah saat membuka acara Musyawarah Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Sumbar Tahun 2021 di Auditorium Gubernuran, Rabu (7/4/2021)

Baca Juga:  Tim Pickleball Sumbar Cetak Prestasi di Kejurnas 2021 Meskipun Persiapan Dadakan

Gubernur juga katakan selain itu ia juga katakan produk kerajinannya dapat menjadi mata pencarian sambilan bagi para pengrajin. Berbagai produk 8 yang menjadi Unggulan Provinsi Sumatera Barat seperti produk Tenun, Songket, Bordir serta Sulaman.

“Sebagai contoh untuk Sulam dan bordir Sumatera Barat , merupakan salah satu adikriya anak bangsa yang sarat nilai filosofis dan estetis. Karya sulam sudah lama menjadi bagian dari kehidupan rakyat Indonesia dan dunia, termasuk masyarakat Minangkabau,” kata Mahyeldi.

Baca Juga:  Wagub Audy : Bank Nagari Dapat Menjadi Mitra Kerja Yang Baik Bagi Pedagang Dan Pengusaha Tanah Abang

Mahyeldi tegaskan Sumatera Barat ditetapkan sebagai Sentra Sulam dan Bordir Indonesia. Dari Sumatera Barat lahir beberapa produk kriya Sulam seperti Kapalo Samek, Suji Caia, Sulam Bayang, Sulam Benang Mas, serta Bordir Kerancang. Hasil kriya ini bahkan telah memecahkan rekor Nasional MURI bahkan dunia untuk kategori Sulam Terpanjang dengan panjang 20 meter.

Baca Juga:  Sekretaris PWI Dharmasraya; Siap Sumbangkan Pikiran Untuk Kemajuan Daerah

“Hal ini membuktikan, bahwa Hasil kriya Sumatera Barat diakui oleh berbagai pihak, baik untuk desain, seni pembuatan, maupun kualitas itu sendiri. Produk-produk kriya tersebut harus dikembangkan dan dilestarikan,” ujarnya.