Gubernur Mahyeldi;Penulisan Sejarah Sumbar Perlu Dukungan PWI

oleh -

Gubernur Mahyeldi;Penulisan Sejarah Sumbar Perlu Dukungan PWI

SEMANGATNEWS.COM-Sejarah Sumatera Barat rupanya masih banyak yang belum tergali. Masa Kerajaan Minangkabau, masa perjuangan melawan penjajah, masa PDRI dan kejadian seputar kemerdekaan RI di Sumatera Barat, masih banyak yang belum terang benderang benar.

Karena itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengajak PWI Sumbar untuk mendorong adanya penelitian, pengumpulan bahan dan penulisan sejarah Sumatera Barat secara lengkap dan utuh, termasuk peran-peran strategis Sumatera Barat di masa lalu, baik secara geografis, ekonomi dan secara intelektual.

“Kisah seputar Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) saja misalnya, kalau kita tuliskan hari ke hari peristiwa, tempat dan pelaku secara detil, akan sangat berharga untuk generasi sekarang dan akan datang,” kata Gubernur Sumbar Mahyeldi ketika menerima Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, Jum’at (21/5) malam di Istana Gubernuran Jalan Sudirman Padang.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Terjadi Penambahan 12 Kasus Positif Covid-19

Menurut Mahyeldi, pihaknya akan menganggarkan dana untuk penelitian, pengumpulan bahan dan data serta upaya penulisan sejarah Sumbar. Siapa saja boleh terlibat, bisa sejarawan, perguruan tinggi, wartawan, peneliti dan para pakar. “Salah satu putra Sumbar Dr. Suryadi yang sekarang berdomisili di Belanda akan kita minta bantuannya untuk pengumpulan bahan sejarah Sumatera Barat,” kata Gubernur Sumbar ini.

Baca Juga:  Kodim 0306/50 Kota Laksanakan Penyuluhan Penanggulangan Bencana dalam Kegiatan TMMD/N ke 111

Pengurus PWI Sumbar memberikan apresiasi dan menyambut baik rencana Gubernur Mahyeldi untuk penelitian, pengumpulan dan penulisan sejarah Sumatera Barat. Karena hasilnya sangat berarti bagi generasi muda mendatang. “PWI merasa terhormat jika dilibatkan untuk rencana yang hebat ini,” kata Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos.

No More Posts Available.

No more pages to load.