Gubernur Sumbar :  Harus Bangga Menjadi Satpol PP.

0

Semangatnews Sijunjung — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta seluruh jajaran anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan Satpol PP sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan Negara.

Apalagi tugas Satpol PP sangat berat, yaitu sebagai aparat penegak Peraturan Daerah, untuk memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi memberikan rasa tertib, tentram dan aman kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar pada acara saat peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke 100, HUT Satpol PP ke 69 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke 57 tingkat Sumatera Barat Tahun 2019 di lapangan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung, Kamis (25/4/2019)

Pada acara HUT Satpol PP tersebut dihadiri oleh Bupati dan Walikota Se Sumbar, Forkopimda, Kepala OPD dan Kepala Satpol PP serta Kepala Dinas Kebakaran se Sumbar.

Menurut Gubernur Irwan Prayitno, Satpol PP tidak akan lepas dari citranya yang melekat di masyarakat yaitu Pakaian dinas yang melihatkan kewibawaan dalam melaksanakan tugasnya.

Dengan penampilan seragam ini gubernur berharap bisa memberikan image humanis kepada masyarakat karena selama ini dalam menjalankan tugas terkesan menyeramkan dan lebih mengedepankan sikap represif daripada persuasif.

Pengabdian di Satpol PP sangat besar, apalagi tugasnya langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga Satpol PP dalam menjalankan tugas harus humanis dan profesional, utamakan aspek kemanusiaan.

Selanjutnya gubernur Sumbar tekankan, agar semua anggota Satpol PP dapat menjaga kesehatan dan fisiknya, usahakan seminggu dua kali latihan fisik, sehingga dalam melaksanakan tugas di lapangan lebih cekatan dan tangkas dalam mengamankan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Saya melihat sebagian besar anggota Satpol PP kebanyakan berbadan gemuk, saya berharap anggota Satpol PP bisa lebih aktif dalam berolahraga,” kata gubernur Sumbar.

Irwan menambahkan, selain itu, seluruh anggota Satpol PP mencintai tugasnya dengan baik. Apabila sudah cinta maka dalam bertugas akan lebih mudah.

“Harus bangga menjadi anggota Satpol PP, kalianlah ujung tombak dalam mengamankan daerah,” ucapnya.

Kembali gubernur mengingatkan, bahwa beban tugas dan resiko pekerjaan yang ditanggung baik dari Pemadam Kebakaran, Satpol PP maupun Satlinmas belum cukup mendapatkan aspirasi yang memadai dari pemerintah. Khususnya Pemadam Kebakaran belum menjadi prioritas sebagai urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar sebagaimana diamanatkan oleh Undang – undang.

“Untuk itu saya berharap, Satpol PP dan Damkar serta Linmas bisa berperan aktif dalam proses dan melindungi pembangunan serta aktif menjaga ketentraman umumdan ketertiban masyarakat,” sebutnya.

Peran penting Satpol PP dan Damkar, Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Tugas damkar melakukan pencegahan, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran.

Satpol PP dibentuk untuk menegakkan perda, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat.

Sementara Satlinmas dibentuk untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, memelihara ketertiban dan ketentraman masyarakat, keamanan penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan negara.

Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas hendaknya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi pancasila, dan menjadi sarana pemersatu bangsa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih pada dedikasi dan kinerja saudara selama ini. Semoga prestasi dan kinerja selama ini dapat ditingkatkan kembali sehingga membawa rasa keamanan di setiap masyarakat,” ujarnya

Pada akhir sambutannya gubernur Irwan Prayitno mengucapkan ulang tahun Pemadam Kebakaran ke 100, Satpol PP ke 69 dan Satlinmas ke 57, semoga selalu jaya.(nov)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.