Gubernur Sumbar Kagumi Keindahan Geopark Nasional Silokek

0

Semangatnews, Sijunjung — Setelah menghadiri Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke 100, HUT Satpol PP ke 69 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke 57 tingkat Sumatera Barat Tahun 2019 di lapangan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung, Gubernur Sumatera Barat langsung mengunjungi pusat informasi Geopark Nasional Silokek di simpang tugu Muaro Sijunjung.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno meresmikan pusat informasi Geopark Nasional Silokek di simpang tugu Muaro Sijunjung yang didampingi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan beberapa Kepala OPD Kabupaten Sijunjung, Kamis (25/4/2019).

Peresmian pusat informasi Geopark Nasional Silokek ditandai dengan pengguntingan pita oleh gubernur Sumbar, setelah itu gubernur masuk untuk melihat-lihat gambar dan foto-foto kehindahan alam geopark Silokek.

Irwan Prayitno sangat mengagumi keindahannya yang eksotik, warisan geologi, dan budaya serta keragaman fauna dan floranya adalah aset bagi pengembangan pariwisata.

“Pengembangan Silokek harus menjadi perhatian utama sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sijunjung, akses jalan menuju Silokek dapat memberikan kemudahan sebagai akses transportasi yang ingin mengunjunginya,” kata Irwan Prayitno.

“Dengan lancarnya jalan menuju Silokek, mampu membuka peluang bagi pengembangan ekonomi rakyat melalui berbagai program utama oleh pemerintah,” ucapnya.

Gubernur berharap dengan adanya geopark Silokek ini nantinya juga bisa berkontribusi untuk pengembangan wisata di Sumbar.

Selanjutnya gubernur melihat beberapa batuan yang dipajang di ruang tersebut, terdiri dari kelompok batuan gamping, sedimen, metamorf, dan granit yang secara geologis, bebatuan di kawasan Silokek berumur kurang lebih 359 juta tahun.

“Apa batu-batu ini asli dari Silokek,” tanya Irwan Prayitno pada Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

“Benar pak, batuan ini asli dari Silokek, batuan ini adalah peninggalan aktivitas tektonik dan vulkanik yang terjadi ratusan tahun lalu,” jawab Bupati dengan spontan.

Kemudian gubernur memberikan apresiasi terhadap Kabupaten Sijunjung dengan membangun pusat informasi Geopark Nasional Silokek, setelah ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap membantu percepatan pembangunan kawasan Silokek menjadi Geopark.

“Pemerintah Sumbar siap membantu pendanaan dan peralatan untuk percepatan pembangunan kawasan Silokek menjadi Geopark,” tuturnya

“Ada tiga di Sumbar geopark nasional di Sumbar, yaitu Silokek, Ngarai Sianok – Maninjau dan Sawahlunto yang menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Sumbar,” tambahnya.

Dia mengatakan, untuk mewujudkan Geopark tersebut butuh program dan kerja sama dengan pihak terkait. Secara teknis Sumbar mendukung untuk kemajuan kawasan Silokek ini.(nov)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.