Gubernur Sumbar mengajak membaca dan menghafal Alqur’an, “one day, one juz”

0

Semangatnews, Tanah Datar — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) H. Irwan Prayitno meresmikan Pondok Tahfidz Qur’an dan sekaligus wisuda Tahfizh angkatan ke II di Surau Dakwah Tanjung Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa (11/6/2019).

Pada acara tersebut dihadiri Asisten I Kabupaten Tanah Datar Drs. Mukhlis, Forkopimca X Koto, Kabag Kesra, Camat X Koto Hendra Setiawan Walinagari, Pengurus Pondok Tahfiz Qur’an Surau Dakwah Tanjuang Yusral Fadin, tokoh masyarakat dan orang tua santri.

Irwan Prayitno mengucapkan terima kasih dan menyambut gembira kehadiran Pondok Tahfiz Qur’an ini, karena telah menyukseskan program pemerintah kota dibidang keagamaan. Dengan hadirnya Pondok Tahfizd ini jelas gubernur, kini sudah tercatat sebanyak 164 rumah tahfizd di Kabupaten Tanah Datar.

“Alhamdulillah, saat ini saya cukup banyak mendapat undangan untuk menghadiri acara wisuda penghafal Alqur’an maupun khatam Alqur’an, serta meresmikan pondok atau rumah tahfiz Qur’an di berbagai daerah di Sumbar,” kata gubernur Sumbar.

“Saya berharap orang tua santri jangan sampai menjadi ‘agen’ bagi anak, anak-anak kita sudah jalan belajar hafal Alqur’an, hingga ada beberapa juz, namun orang tua masih saja tinggal tidak bergerak sedikitpun,” ucapnya.

Orang yang membaca Alqur’an dan menghafalkannya, maka bersama para malaikat akan diangkat derajatnya dan mulia. Selain itu apabila membaca dalam kondisi berusaha keras (belajar membacanya) maka dia mendapatkan dua pahala sekaligus.

“Untuk itu kami mengajak agar orang tua bisa mengajak anak selalu membaca Alqur’an, belajar dan mengamalkannya, maka dihari kiamat kedua orang tuanya dipakaikan mahkota dari cahaya, cahayanya seperti pancaran cahaya matahari,” ajak Irwan Prayitno.

Bagi orang tua patut bersyukur memiliki anaknya hafalan Alqur’an patut bersyukur. Karena anak yang gemar membaca dan menghafal Alquran umumnya memiliki kecerdasan yang bagus dan akhlakul karimah sehingga menyenangkan hati orang tuanya.

“Mari kita biasakan menghafal Alqur’an, dengan menghafalnya hidupnya banyak mendapat kemudahan, kalau bisa ‘one day, one juz’, tutur Irwan Prayitno.

Selanjutnya gubernur Sumbar berharap, dengan maraknya gerakan atau animo masyarakat yang ingin anaknya menjadi penghafal Alqur’an pondok tahfiz Qur’an bermunculan di Sumbar, Pemda setempat harus mendukung keberadaan pondok tahfiz ini karena ikut memenuhi target atau program pemda di bidang keagamaan.

“Sekaligus memfasilitasi keinginan masyarakat agar anaknya bisa menjadi penghafal Alqur’an yang selaras dengan falsafah hidup masyarakat, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” himbaunya.

Lanjut gubernur Sumbar memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yang menargetkan sebanyak 1000 rumah tahfizh. Dan secara pribadi Irwan Prayitno memberikan bantuan sebanyak 5 juta dan Syafruddin Baznas Sumbar sebanyak 10 juta.

Dalam sambutan Asisten I Kabupaten Tanah Datar Drs. Mukhlis menyampaikan bahwa saat ini Pondok Tahfiz Qur’an Surau Dakwah Tanjung Pandai Sikek masih dibangun melalui swadaya masyarakat setempat.

Semoga bertumbuhnya rumah atau pondok tahfiz Alqur’an dan munculnya para penghafal Alqur’an juga diikuti dengan semakin meningkatnya kesadaran orang tua maupun masyarakat untuk selalu dekat dengan Alquran.

“Karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada gubernur Sumbar yang selalu mendukung penuh hingga meresmikannya,” ujar Mukhlis.

“Kami juga melaporkan bahwa wisuda Tahfizh angkatan ke II Pondok Tahfiz Qur’an Surau Dakwah Tanjung Pandai Sikek pesertanya ada 130 tahfiz diantaranya 125 perempuan dan 5 laki-laki, namun yang hafal 1 juz 30 santri dan 2 juz 9 santri,” jelasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan wisuda tahfizh angkatan ke II dan meresmikan Pondok Tahfiz Qur’an Surau Dakwah Tanjung Pandai Sikek oleh gubernur Sumbar Irwan Prayitno dengan Asisten I Drs. Mukhlis.(rel)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.