Gubernur Sumbar : Perawat Indonesia Terus Tingkatkan Profesionalitas

oleh -

Gubernur Sumbar : Perawat Indonesia Terus Tingkatkan Profesionalitas

Semangatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S. Psi, M.Sc menghadiri acara The 2st International Nursing Conferences yang bertema “Enhancing Capacity of Healthcare Scholar and Professionals in Responding to the Global Health Issues” yang diselenggarakan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di Grand Inna Padang hotel, Kamis (5/9/2019).

Dalam sambutannya gubernur menyampaikan, kegiatan ini strategi membangun dan memperkuat jejaring dengan berbagai pihak secara luas guna mewujudkan tujuan organisasi sesuai dengan tuntutan masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

Gubernur Sumbar menyampaikan, konferensi internasional merupakan salah satu sarana untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan terkini berdasarkan hasil-hasil penelitian dari Indonesia dan dari berbagai negara di dunia.

“Ini merupakan bagian dari mengembangkan kapasitas keilmuan perawat di Indonesia, membangun dan memperkuat jejaring antar profesi keperawatan dan pemerintahan untuk terus meningkatkan profesionalisme perawat Indonesia,” kata gubernur Sumbar.

“Terus tingkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan selalu perhatikan aspek-aspek yang memengaruhinya mencaku pendidikan, penelitian, dan kebijakan,” ucapnya.

Lebih lanjut gubernur Irwan Prayitno berharap, kegiatan ini dapat memberikan efek positif bagi perawat-perawat Indonesia khususnya di PPNI.

“Saya berharap agar kolaborasi penelitian, seminar, dan konferensi internasional semacam ini bisa lebih sering dilaksanakan. Dengan kegiatan semacam ini, kita bisa mewujudkan masyarakat sehat,” ungkapnya.

Senada dengan Irwan Prayitno, Ketua Umum PPNI Harif Fadhillah juga menyampaikan, organisasi profesi perawat ini dibentuk sebagai wadah yang menghimpun perawat dan berfungsi sebagai pemersatu, pembina, pengembang, dan pengawas keperawatan di Indonesia.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai pengembang profesi keperawatan, maka dibentuklah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dengan melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan ilmiah berupa pelatihan, training of trainer, workshop, dan seminar di tingkat lokal dan nasional pada berbagai cabang ilmu keperawatan.

“Ini bagian dari upaya kami terus meningkatkan profesionalisme perawat Indonesia,” ujar Harif Fadhillah

Di samping itu, konferensi internasional merupakan salah satu sarana untuk mengkomunikasikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan terkini berdasarkan hasil-hasil penelitian dari Indonesia dan dari berbagai negara di dunia.

Tujuan Konferensi, kata Harif, tak lain guna mengembangkan kapasitas keilmuan perawat di Indonesia, membangun dan memperkuat jejaring antar profesi keperawatan dan stakeholder multinasional, serta menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuan terkini tentang peningkatan kualitas pelayanan keperawatan.

Konferensi internasional juga dihadiri sesuai undang diperkirakan 250 orang dari berbagai negara, antara lain Malaysia, Jepang, Arab Saudi, Filipina, dan Kuwait yang terdiri dari praktisi, akademisi, manajer, peneliti, dan mahasiswa Universitas Andalas Padang serta profesi keperawatan dan profesi kesehatan lainnya.
#novear
#humassumbar