Gubernur Sumbar Sambut Tim Asesor BAN-PT Dalam Jamuan Makan Malam.

0

Semangatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc mengadakan jamuan makan malam bersama Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) yang di pimpin oleh Prof. Dr. drh. Bambang Sektiari Lukiswanto yang dilangsungkan di auditorium gubernuran, Kamis (11/4/2019).

Dalam jamuan makan tersebut selain tim asesor BAN-PT juga dihadiri oleh Wakil Rektor Prof. Dr. Dachriyanus, Apt, Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Mansyurdin, Majelis Guru Besar Unand Prof. Dr. Erizal Mukhtar, MS, Ketua Jurusan Biologi Dr. Mairawita, MSi, Ketua Jurusan Kimia Dr. Mai Efdi dan para akademik Jurusan Biologi dan Kimia Unand Padang.

Dalam sambutan Gubernur Prof. Irwan Prayitno mengucapkan selamat datang dan terimakasih serta apresiasi tinggi atas kedatangan tim asesor akreditasi BAN-PT yang telah meluangkan waktu dan pikiran untuk melakukan visitasi akreditasi di Universitas Andalas.

Irwan Prayitno mengatakan, bahwa kehadiran asesor BAN-PT bukan berarti mencari kekurangan dan kesalahan tetapi mencari titik-titik mana yang bisa menjadi daya ungkit yang bisa menjadi Universitas Andalas untuk menjadi universitas terkemuka dan bermartabat.

“Kami berharap dalam penilai ini harus secara objektif, jangan ada intervensi dari pihak manapun, karena penilaian ini menyangkut dengan kinerja, untuk itu perlu ada pembuktian, verifikasi dan konfirmasi terhadap penilaian tim asesor,” kata gubernur Sumbar.

“Kita berharap Universitas Andalas mendapatkan nilai yang terbaik dan untuk tim asesor BAN-PT, semoga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat positif bagi Universitas Andalas,” ucapnya

Sementara itu Wakil Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Dachriyanus, Apt melaporkan, bahwa Universitas Andalas merupakan peringkat 10 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, meskipun demikian, Unand akan memperkuat indikator yang menjadi penilaian untuk menjadi kampus terbaik pertama di Indonesia.

“Kita akan memperkuat kriteria yang menjadi penilaian. Di antaranya adalah peningkatan akreditasi, peningkatan kerja sama internasional dan peningkatan kualitas SDM,” ucap Dachriyanus, Kamis (11/4/2019).

Disamping itu, pada tahun 2014, Unand mendapat akreditasi institusi dengan peringkat A dan masuk klaster Perguruan Tinggi Mandiri dalam bidang penelitian.

“Jelas, kita patut mensyukuri anugerah ini, pertamanya kita masuk peringkat 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia baik negeri maupun swasta. Ini semua tak terlepas dari dukungan semua elemen yang ada, termasuk alumni,” jelasnya.

“Pencapaian ini juga menjadi tantangan bagi kita agar lebih baik lagi, karena perguruan tinggi lainnya tentu ingin memperoleh peringkat terbaik. Jika kita tidak siap menghadapi semua tantangan tersebut, bukan tak mungkin peringkat Unand berikutnya akan turun,” ucap Dachriyanus.

“Kami berharap selama kunjungan tidak mendapatkan kendala. Kami komitmen untuk terus meningkatkan kualitas terutama yang berhubungan dengan tri dharma perguruan tinggi,” imbuhnya

Kemudian jamuan makan malam ini dilanjutkan dengan acara hiburan yang menyajikan Irwan Prayitno (IP) Band dan tari budaya minangkabau, seperti tari payung, tari indang dan tari piring.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.