Harga Jagung Menjanjikan, Mudah Perawatan, Rendah Biayanya

oleh -

Harga Jagung Menjanjikan, Mudah Perawatan, Rendah Biayanya

Semangatnews, Tanahdatar – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan pembukaan Sekolah Lapangan Tanaman Jagung di Kelompok Tani Guguk Panjang Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Kamis (10/09).

Gerakan Tanam Jagung Dalam Mendukung Swasembada Pangan Berkelanjutan di Kelompok Tani Guguk Panjang itu dibuka Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikular Provinsi Sumatera Barat Ir. Syafrijal. Kegiatan ini merupakan kepedulian Pemerintah Daerahdalam rangka Ketahanan Pangan Nasional di Bidang Pertanian saat menghadapi Covid-19.

Syafrijal selaku Kepla Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan mengatakan, Untuk meningkatkan ekonomi keluarga, maka petani diminta tidak terpaku dengan satu komoditi saja seperti padi, tetapi juga mengembangkan komoditi lain salah satunya jagung, harga jagung sangat menjanjikan, tanaman ini juga mudah dirawat dan rendah biaya.

Masyarakat petani diminta mengolah lahan tidur agar tetap menjadi produktif. Lahan tidur muncul akibat kekeringan pada lahan sawah tadah hujan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk tanaman jagung. Jagung bisa menjadi alternatif pada lahan tidur, terutama bekas sawah tadah hujan yang sudah mengalami kekeringan.

Menurut Syafrijal, jagung saat ini memiliki pasar yang jelas dan kestabilan harga cukup terjamin karena tingkat permintaan jagung pipilan yang masih cukup tinggi, jagung pipilan terutama sekali dibutuhkan untuk bahan makanan dan untuk pakan ternak, hingga kini tingkat permintaan pasar masih cukup tinggi. Komoditi jagung merupakan salah satu produk tanaman pangan unggulan di Sumatera Barat.

Sekolah Lapangan Tanaman Jagung di Kelompok Tani Guguk Panjang selain Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikular Propinsi Sumbar hadir juga terlihat, Bapak Budiman anggota DPRD Provinsi Sumbar, Dandim 0307/TD diwakili oleh Plh Pasi Ter Kptn Czi Mukhlis, Kadis Pertanian Kabupaten Tanah Datar Bpk Ir Yulfiardi, Camat Salimpaung Abramis Yuzi, Ka UPT Pertanian Andri Vinus, Wali Nagari Sumanik Irama Yandi.(M. Syukur).