Hasil Karya Anak Nagari Barisa Terkendala Modal, Harapkan Bupati Cari Solusi

oleh -

Hasil Karya Anak Nagari Barisa Terkendala Modal, Harapkan Bupati Cari Solusi

SEMANGATNEWS.COM-Hasil buah pikir dan karya anak Nagari Salo menjadi perhatian masyarakat setempat.

Bahkan hasil karyanya memberikan nilai ekonomis dan sebagai tambahan penghasilan bagi kaum perempuan di Nagari Salo, Kab, Agam_Sumbar.

Sejumlah emak-emak Nagari Salo, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membuktikan Produk non pabrikan yang mereka hasilkan lebih bermutu.

Baca Juga:  Vaksinasi Door To Door Telah Dimulai, Wali Kota Riza Falepi : Mari Kita Sukseskan Herd Immunity

Sekalipun karya mereka tidak sehebat pabrikan, minimal sabun pembersih piring dan perangkat dapur lainya yang mereka produksi secara kelompok mendekati dapat memberikan nilai ekonomis nya.

Pembuktian dirasakan para kaum ibu, ketika emak-emak Nagari Salo, membersihkan piring dan perangkat dapur. Busa sabun dengan kemasan merk “Barisa”, itu lebih banyak, tonjolan aroma dan mendominasi jeruk nipis (limau kapeh).

Baca Juga:  Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Buka Alek Gadang Buru Babi di Laban IV Jurai

Menurut Ketua kelompok emak-amak yang memproduksi sabun, Sri Hamida, kemasan dengan merk Barisa , diambil dari sebuah nama Jorong yang ada di Kanagarian Salo. Jorong (dusun) bernama Baringin. Nama tersebut kami gabung menjadi Baringin Salo (Barisa).

Sri Hamida mengungkapkan, produksi sabun awalnya dikembangkan kelompok emak-emak Rumah Keluarga Indonesia, yaitu sebuah kelompok wanita yang berafiliasi dengan sebuah partai di Kabupaten Agam.

Baca Juga:  Pelaksanaan Gebyar Sumdarsin Kecamatan Payakumbuh Selatan Dan SMUN 2 Ramai Dan Lancar

Dengan urungan kebersamaan masing-masing Rp. 10.000,-, kami dengan jumlah 20 orang mulailah bersitungkin (bergerak) memproduksi.

Alhamdulillah hasilnya menggembirakan serta memuaskan sekali, sekalipun hasil karya emak_emak hanya sekedar coba2 aja.

No More Posts Available.

No more pages to load.