Herwandi, Pelukis Muda Bengkulu memiliki Semangat dan Kreativitas Berkarya Untuk Publik

oleh -215 views

Herwandi, Pelukis Muda Bengkulu memiliki Semangat dan Kreativitas Berkarya Untuk Publik

Semangatnews.com, Bengkulu – Herwandi yang akrab dipanggil Iwan (35 thn) adalah sedikit dari perupa Bengkulu yang senantiasa terus berkarya, berpameran dan berkarya lagi. Pada karya-karya ada keterbacaan semangat dan kreativitas derngan sentuhan nilai artistik dan estetik tinggi, meski ia termasuk pelukis otodidak di tengah-tengah gemerlapan pendidikan seni yang dilalui banyak seniman seni rupa lain di Tanah Air.

Di temui di kediamannya Jalan. P.Natadirja km 6,5 No.32 RT.03/RW. 01 Kel. Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu Sabtu (7/12), terpajang sejumlah lukisan yang sangat fenomenal, menarik dan tuntas dengan sentuhan nilai-nilai estetetika tinggi. Warna-warna pastelnya pada banyak karya yang saya amati menyiratkan semangat dan keberanian anak muda ini untuk melakukan eksplorasi pada seperangkat persoialan dari isi, pesan dan tema yang diusung untuk publik senoi di tanah air.

Dikalangan perupa bumi raflesia Bengkulu, nama Iwan tidak asing lagi dalam kancah seni rupa. Selain berkarya secara idealis ia juga banyak melakukan berbagai eksplorasi dan kolaborasi bahan yang ia gunakan untuk melukis. Mulai dari pentel, cat air dan berbagai bahan lain yang dengan sifat dan karakter berbeda satu dengan lainnya dari bahan yang ia gunakan untuk melukis.

Dari sejumlah lukisan-lukisan yang ia kerjakan, terlihat tarikan garis-garis dan sapuan warna-warnanya terlihat begitu indah dan mempesona sehingga mampu menghipnotis mata pengunjung. Lihat misalnya lukisan potret Fatmawati isteri proklamator Bung Karno yang diamatinya melalui foto hitam putih, mampu ia refresentasikan kepermukaan kanvas dengan sempurna. Padahal obyek aslinya berwarna hitam putih dan kabur pula yang diambil dari rumah pengasingan Bung Karno di Anggut Bengkulu.

Lukisan ini pulalah salah satu lukisan potretnya yang kini sedang dilirik Pemprov Bengkulu untuk memperkuat rumah isi rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu, bahkan bukan tidak mungkin akan menuju Istana presiden Bogor sebagai bagian keluarga sang proklamator RI, Bung Karno.

Sejumlah karya-karya lain diluar lukisan potret yang menjadi kekuatan Iwan, terlihat memlihat isi, pesan dan makna sebagai kekuatan p[ada karya-karyanya. Ada kecendrungan nilai-nilai simbolisasi nilai-nilai yang tersembunyi dengan penuh makna dan sentuhan estetika, baik dari guratan garis-garisnya lembut dan padu padan warna yang memukau dan menghipnotis mata.

Selama eksis berkarya seni rupa terutama seni lukis, lelaki berambut gondrong ini telah mengikuti berbagai iven penting secara nasional, diantaranya ; -2009 PPSS di taman budaya bengkulu – 2011 Pameran poster di taman ismail marzuki – 2011 Imaji ornamen di galleri nasional indonesia – 2011 Pra biennale sumatera di taman budaya sumatera barat -2011 Pameran sea games di palembang -2012 Rupa tutup buka fenomena di taman budaya bengkulu – 2012 Biennale sumatera #1 di taman budaya sumatera barat – 2013 Geliat rupa bumi rafflessia di taman budaya bengkulu – 2014 Biennale sumatera #2 di taman budaya sumatera barat -2016 Bengkulu dalam garis di alun-alun view tower bengkulu. – 2016 Biennale sumatera #3 di jambi – 2018 Pameran festival bumi rafflesia #1 – 2019 Pameran festival bumi rafflesia #2. (SS/FR/mh).