HUT ke 54 SSRI/SMSR SMK N 4 Padang Menyisakan Tiga Agenda Penting

oleh -

HUT ke 54 SSRI/SMSR SMK N 4 Padang Menyisakan Tiga Agenda Penting

Semangatnews, Padang – Kepala SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang, Taharuddin, S.Pd, MM memuji dan mengapresiasi atas suksesnya pelaksanaan kegiatan HUT ke 54 sekolah berbasis seni budaya itu, yang telah dirancang sejak Juli 2019 lalu kemudian pelaksanaannya dilakukan sejak 23 s.d 25 September 2019 di Kampus SMKN 4 Padang, Cangkeh, Lubuk Begalung, Padang.

Panitia yang terdiri dari unsur sekolah melibatkan guru, karyawan dan para alumninya itu selama 2 bulan lebih terlihat bahu membahu bekerja di masing-masing bidang garapan yang mereka lakukan.

“Mulai dari membuat program, presentasi program, pelaksanaan program hingga kini melakukan evaluasi seluruh program yang digulirkan,” ujar Taharuddin.

Menurut Taharuddin, sekolah merasa tertantang dengan sejumlah program yang digulirkan panitia Zardi Syahrir, Muharyadi, Yasrul Sami, Jasrizal Rasyid dkk, selain terus memperbaiki kinerja sekolah ke dalam dengan kegiatan rutinnya setiap hari, juga diberi Pekerjaan Rumah (PR) terhadap sejumlah program besar yang menurut hemat sangat briliand, ujar Taharuddin menambahkan.

Ketua umum panitia HUT ke 54 SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang, Zardi Syahrir, SH, MM didampingi Ketua I Jasrtizal Rasyid, S.Pd menyebutkan, sebelum panitia dibubarkan melalui rapat besar panitia nantinya, ada tiga poin tugas besar yang akan dihadapi pihak sekolah bekerjasama dengan dengan tim kecil, seusai pembubaran panitia.

“Diantara tindak program lanjut tersebut terdiri dari : (1). Tindaklanjut program nota kesepahaman antara sekolah dengan OPD (Organidsasi Perangkat Daerah) terkait seperti Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pendidikan Sumbar, Dinas Pariwisata dan Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar. (2). Melanjutkan pembangunan mushalla “Nurul Jamal” berukuran besar dengan daya tampung lebih 700 jamaah yang dianggarkan mencapai Rp. 1,5 milyar semua diharapkan bersumber dari bantuan donatur, warga sekolah dan alumni. (3). Mewujudkan rumah produksi seni sebagai sebuah jawaban jika nanti masyarakat dan pemerintah membutuhkan dan berminat karya-karya seni rupa dan industri kreatif terbaik asal Sumatera Barat”, ungkapnya.

Zardi juga menambahkan, saat ini banyak orang mengatakan pariwisata Sumatera Barat dengan keindahan alam, kuliner dan sarana prasarana cukup bagus dan menawan, namun kualitas pariwisata hampir tidak ada isinya, sehingga dibilang hampa tanpa makna.

“Dalam memajukan dan membuat wisatawan dapat berlama-lama tinggal di Sumbar tentu mesti ada aktifitas event dan kegiatan kebudayaan lainnya yang mampu menambah daya pikat orang ingin berbelanja atau menyenangkan diri. Karya-karya senirupa, lukisan, batik, aasesoris cenderamata dapat memberikan hiburan tersendiri bagi wisatawan dan kolektor senirupa. Jika ini kegiatan ini hidup dan berkembang akan banyak orang yang dapat menikmati kesejahteraannya”, ulasnya.

Sementara sekretaris umum panitia, Muharyadi yang baru saja kembali dari Denpasar, Bali mengikuti suatu kegiatan kepada semangatnews.com menjelaskan, untuk kegiatan melukis tokoh publik dalam agenda HUT ke 54 yang semula jumlahnya lebih dari 10 an tokoh publik di daerah Sumbar, usai kegiatan cendrung bertambah, bahkan dalam beberapa hari belakang ada sejumlah tokoh BUMN dan tokoh publik lainnya minta dilukis.

Hal ini menandai, bahwa lukisan potret tokoh dengan seperangkat karakter dan nilai-nilai di fdalammnya menjadi agenda menarik pada HUT sekolah ke 54 ini. Sejumlah pelukis yang nota bene alumni SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang kini terus melanjutkan kegiatan melukis diantaranya Amrianis HS, Albakri Aziz, Zardi Syahrir, Zirwen Hazry dkk, ujar Muharyadi.

Program tindak sebagaimana menjadi menyisakan tiga poin bagi sekolah dan tim kecil yang akan dibentukm, tentulah harus diselesaikan dengan sempurna, agar semua program yang telah dirancang dan diluncurkan dapat berjalan dengan sempurna, realistik dan implementatif sesuai muatan sekolah berbasis seni dan budaya, ujar Muharyadi menambahkan. (FR)