Siti Suarni, Alumni SMSR Negeri Padang Berminat Mendirikan Galeri Seni dan Kuliner Daerah

oleh -

Siti Suarni, Alumni SMSR Negeri Padang Berminat Mendirikan Galeri Seni dan Kuliner Daerah

Semangatmews.com, Padang – Siti Suarni, alumni SMSR Negeri Padang jurusan seni lukis (1992) yang kini bermukim di Malaysia menyatakan ketertarikannya mendirikan galeri seni rupa dan industri kreatif berbasis seni budaya Sumatera Barat dilengkapi dengan kafe yang menyajikan kuliner khas daerah. Mengingat potensi seni rupa dan industri kreatif di daerah ini sejak lama cukup menjanjikan, dan memang sudah saatnya sebagai perupa kita pikirkan bersama sejalan perkembangan seni rupa dan industri kreatif di daerah ini.

Hal itu disampaikan Siti Suarni saat dijumpai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ketika hendak terbang ke negeri Jiran, Jumat (18/10) lalu.

Menurut Siti, demikian panggilan akrabnya, untuk menggairahkan dunia seni rupa dan industri kreatif di daerah ini sejalan dengan petrtumbuhan dan perkembangannya.

“maka sudah saatnya seni rupa dan industri kreatif dilirik banyak orang dan banyak pihak, termasuk para pelancong yang berkunjung ke Sumatera Barat,” ujar Siti.

Dijelaskan, dalam beberapa kali kegiatan pameran di galeri Seni Rupa Taman Budaya Sumatera Barat dan terakhir pada HUT ke 54 SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang, baru-baru ini, ia melihat karya-karya yang di gelar sangat menarik bernilai estetik tinggi. Soal pameran, ya kita lihat sebagai wahana media komunikasi dan informasi dalam ranah apresiasi terlihat sangat menarik.

Terlebih Sumatera Barat sejak lama merupakan salah satu basis seni rupa yang ada di Indonesia, di luar Jawa, bandung, jakarta dan Bali, ujar Siti.
Saat ditanya seperti apa manajemen Galeri Seni Rupa dan Industri Kreatif yang ingin didirikannya itu, menurut Siti, kita rancang lebih dahulu manajemen dan tata kelolanya secara profesional bersama teman-teman seniman seni rupa yang ada di daerah ini.

Dan galeri ini akan lebih sempurna, jika dilengkapi dengan kafe yang menampilkan kuliner khas daerah Sumatera Barat.

“Artinya pengunjung,. selain menikmati karya seni rupa dan industri bahkan ingin memililkinya juga dapat mencicipi menu yang tersedia,” ujar Siti lagi.

Kapan diwujudkan, tanya Semangatnews.com, ya kini kita pikirkan dululah bentuk tim manajemennya, pengelola dan kurator tetap yang menangani karya-karya berkualitas bernilai artistik dan estetik tinggi untuk di gelar setiap saat.

“Tapi hal ini masih kita diskusikan dulu dengan teman-teman perupa,” ujar Siti yang enggan menyebut kapan mulai beroperasi galeri dan dimana lokasi galeri tersebut.

Sementara Yasrul Sami B, salah seorang perupa yang juga dosen seni rupa UNP serta teman satu angkatan Siti Suarni semasa di jurusan seni lukis SMSR Negeri Padang (1992), menyebutkan, niat baik Siti Suarni, perlu kita apresiasi dan disambut gembira.

“bagaimana pun memikirkan seni rupa dan industri kreatif, berarti juga ikut memikirkan orang-orang yang bekerja dalam seni rupa dan industri kreatif,” ujarnya Yasrul Sami yang akrab dipanggil Ucok ini.

Pengamat seni rupa dan kurator, Muharyadi, saat dihubungi via telepon yang sedang berada di Bali, perihal keinginan Siti Suarni itu mendirikan Galeri Seni FRupa dan Industri Kreatif Sumatera Barat, menhyebutkan, merupakan langkah maju jika salah seorang putri terbaik lulusan seni lukis SMSR Negeri (1992) berkeinginan untuk mendirikan galeri sejalan perkembangan seni rupa dan insutri kreatif di Sumbar saat ini.

Menurut Muharyadi lagi, galeri seni rupa dan industri kreatif berbasis seni budaya Sumatera Barat dilengkapi dengan karya-karya terbaik nasional lainnya, merupakan hal menarik bagi banyak pihak dan banyak kalangan baik para kolektor, wisatawan/pelancong, pejabat publik, BUMN dan pengusaha serta orang-orang berduit lainnya yang berkunjung ketempat ini sambil menikmati kuliner khas Sumatera Barat,” ujar Muharyadi menambahkan. (FR)