HUT RI Ke-76, 5 Daerah Terkuat Indonesia Yang Sulit Ditaklukan Belanda Dalam Sejarah

oleh -
HUT RI Ke-76, 5 Daerah Terkuat Indonesia Yang Sulit Ditaklukan Belanda Dalam Sejarah

SEMANGATNEWS.COM – Sejarah yang kita pelajari di sekolah tentang penjajahan Belanda di Indonesia selama 350 tahun lamanya ternyata faktanya tidaklah benar terjadi.

Belanda menyatukan semua wilayah sebagai daerah jajahan secara penuh membutuhkan waktu selama 30-an abad. Ada Lima Daerah terkuat di Indonesia yang sangat sulit ditaklukkan dan dikuasai oleh Belanda dikala itu.

1. Aceh (1914)
Belanda baru mampu menguasai kawasan Aceh pada tahun 1912 atau 33 tahun menjelang negeri ini akhirnya menyatakan proklamasi. Belanda sulit sekali masuk dan menguasai Aceh karena wilayah ini memiliki pemimpin yang sangat hebat. kekuatan militer Aceh yang dibantu oleh banyak masyarakat sipil membuat Belanda harus kerja ekstra selama terjadi perang.

 

Baca Juga:  Apa Tujuan Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021? Simak Yuk!
Aceh Zaman Kolonial

 

Setidaknya selama 41 tahun, Perang Aceh pecah dan membuat Belanda haru mengeluarkan banyak sekali pasukan dan senjata. Aceh baru bisa dikuasai oleh Belanda pada tahun 1914 secara menyeluruh. Pasca perang terjadi, warga di sekitaran Aceh masih melakukan perlawanan secara sporadis hingga Jepang mengambil Alih kekuasaan Belanda di Tanah Air pada tahun 1942.

Baca Juga:  M Yamin Sejarah Perumus Teks Sumpah Pemuda asal Sumatera Barat

 

2. Nias (1914)
Suku Nias adalah salah satu suku yang dikenal dengan budaya bertarungnya. Jauh sebelum Belanda akhirnya masuk dan membuat kekacauan, masyarakat Nias sudah terbiasa berperang. Saat Belanda mulai memasuki kawasan Nias, mereka diserang habis-habisan oleh para petarung dari Nias yang memang selalu waspada dengan pendatang yang mencurigakan.

No More Posts Available.

No more pages to load.