HUT SMKN 4 Padang ke-54 Ada Demontrasi “Lukis Potret Tokoh Publik”

oleh -

HUT SMKN 4 Padang ke-54 Ada Demontrasi “Lukis Potret Tokoh Publik”

Semangatnews.com, Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit DT. Malintang Panai menyatakan kesediaannya menjadi salah satu model “lukisan potret” tokoh publik Sumatera Barat yang akan dilukis para seniman seni rupa yang nota bene alumni SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang dalam rangkaian peringatan HUT ke 54 ini dikampus SMKN 4 Padang, Cangkeh, Lubuk Begalung, Padang pada Rabu, 25 September 2019 mendatang. Kabar ini menjadi berita gembira bagi kawan-kawan di SMKN 4 Padang dan alumni.

“Kemajuan Dunia Kesenirupan Sumbar amatlah kita dambakan. Perkembangan dunia kepariwisataan seharus menjadi peluang bagi kesenirupaan Sumbar berbaring bangkit memenuhi keinginan wisatawan. Mudah-mudahan dengan demo lukis ini akan memperlihatkan potensi kesenirupaan Sumbar punya potensi bagus untuk maju”, hal itu disampaikan Wagub, H. Nasrul Abit DT. Malintang Panai saat menerima kunjungan dan audiensi panitia HUT ke 54 SSRI//SMSR/SMKN 4 Padangyang terdiri dari warga sekolah dan dibantu alumni sekolah ini di ruang kerjanya, Senin (16/9).

Menurut Nasrul Abit, ia mendukung dan mengapresiasi program kegiatan HUT ke 54 SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang berbasis seni dan budaya yang disusun yang dirancang secara bersama-sama antara pihak sekolah dengan para alumninya demi kemajuan sekolah seperti SMKN 4 Padang di tengah-tengah masyarakat.

Dalam dunia pendidikan di tanah air saat ini, ujar Nasrul Abit, pilihan memasuki SMK dengan berbagai kompetensi yang ada, satu diantaranya seni rupa yang berada dalam kelompok seni budaya cukup menarik minat anak-anak lulusan SMP dan sederajat, karena bersentuhan langsung dengan dunia kerja.

Untuk meningkatkan daya saing siswa Kejuruan agar menambah pembelajaran pandai berbahasa asing minimal satu bahasa asing agar mudahkan berkomunikasi dengan dunia luar dalam mengapai pasar kerja.

Wagub juga mengharapkan sejumlah OPD yang ada dilingkungan Pemprov Sumbar terutama yang bersentuhan langsung dengan dunia seni rupa dan industri kreatif dapat memperhatikan hasil-hasil karya siswa, tamatan maupun alumninya baik ditinjau dari aspek pendidikan, kebudayaan, pariwisata dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bagi peserta didik maupun tamatannya,” ujar Nasrul Abit.

Sementara Ketua Umum Panitia HUT ke 54 SSRI/SMSR.SMKN 4 Padang, Zardi Syahrir, didampingi Sekum Panitia, Muharyadi, menyebutkan, kegiatan HUT kali ini dilaksanakan untuk mengembalikan roh dunia seni rupa dan industri kreatif di tengah-tengah pembangunan yang ada di daerah ini. Selama ini seni rupa dan industri kreatif bagian dari sekolah ini nyaris terlupakan, karena nomenklatur antara nama SSRI atau SMSR berganti menjadi SMK yang praktis mempengaruhi imej di tengah-tengah masyarakat.

Pada bagian lain juga disinggung Zardi Syahrir, awalnya melukis model tokoh publik yang ada di Sumatera Barat sebagai bagian program yang dilaksanakan dalam rangkaian memperingati HUT ke 54 SSRI/SMSR.SMKN 4 Padang pelukisnya 5 orang yang terdiri dari para alumni diberbagai daerah yang menyatakan kesanggupan melukis.

“Tapi dalam perkembangan beberapa belakangan ada 15 pelukis yang rata-rata menyatakan kesanggupannya melukis langsung “lukisan potret” tokoh publik mengingat momennya cuku menarik,” ujar Zardi Syahrir lagi.

Hadir mendampingi panitia HUT ke 54 SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang diantaranya Kepala Sekolah diwakili Syafrial, Neneng Susilawati, Jasrizal dan sejumlah alumni sekolah ini. (FR)