IAIN Batusangkar Jalin Kerjasama dengan IAIN Langsa, Perluas Pengabdian dan Publikasi Ilmiah

by -
IAIN Batusangkar Jalin Kerjasama dengan IAIN Langsa, Perluas Pengabdian dan Publikasi Ilmiah
IAIN Batusangkar Jalin Kerjasama dengan IAIN Langsa, Perluas Pengabdian dan Publikasi Ilmiah

SEMANGATNEWS.COM – Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Provinsi Aceh, lakukan Benchmarking ke kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Sumatera Barat, Selasa (9/2/2021)

Dalam Benchmarking IAIN langsa ke IAIN Batusangkar yang dihadiri langsung oleh Dr. Mawardi Siregar, MA. Dedy Surya, M.Psi. Rizky Andana Pohan, M.Pd. Marimbun, M.Pd. dan juga lakukan kerjasama yakni Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MOA).

Ketua tim pendirian Prodi Psikologi Islam IAIN Langsa Dedy Surya, M.Psi menyebutkan Memorandum of Agreement (MoA). Yang kita lakukan antara lain dengan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar, studi Komperasi dan MoA/MoU tersebut sebagai langkah awal untuk mempersiapkan kebutuhan pengajuan Prodi Psikologi Islam di IAIN Langsa.

“Pihaknya dapat memetakan peluang dan tantangan untuk membuka Prodi Psikologi Islam, di IAIN langsa nantinya, semoga dengan kekuatan dan SDM yang kita miliki IAIN Langsa bisa membuka Prodi tersebut, Selain itu IAIN Langsa juga membangun komunikasi melalui MoA dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar.”

Disamping mematangkan pembukaan Prodi Psikologi Islam, dan melakukan kerjasama dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling IAIN Batusangkar. Program Studi BKI FUAD IAIN Langsa juga lakukan MoA dengan Pascasarjana IAIN Batusangkar.

Dr. Mawardi Ketua Program Studi BKI IAIN Langsa menyampaikan harapannya dengan kerjasama ini, kedepannya mahasiswa strata 1 dari BKI FUAD IAIN Langsa bisa bergabung untuk melanjutkan jenjang S2 di BKPI Pascasarjana IAIN Batusangkar.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc dan segenap Pimpinan mengatakan kita terbuka luas siapa saja yang akan menjalin kersama dengan IAIN Batusangkar, kita juga siapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan handal di bidang keilmuannya masing-masing.

Yang nantinya kualitas pendidikan dan pengajaran, terutama dalam mendukung pelaksanaan program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar terwujud antara ke dua perguruan ini, dan membuka peluang untuk melakukan pengembangan publikasi ilmiah.

Lebih lanjut Marjoni Imamora mengatakan dengan keterjalinan antara dua kampus yang sama-sama di bawah kementerian agama, ini akan bisa memperluas tentang Pengabdian dan Publikasi Ilmiah, berupa Join Seminar, kolaborasi penelitian dan juga Kegiatan kemahasiswaan,” ucap rektor”

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Sirajul Munir, M.Pd menuturkan bahwa pada dasarnya IAIN Batusangkar terbuka untuk menjalin kerjasama bagi semua pihak sepanjang memberikan keuntungan yang positif bagi kemajuan dunia pendidikan. “Kita tidak bisa lagi bekerja tanpa berkolaborasi dan bersinergi” di era industri 4.0 ini,“ tutup wakil Rektor III.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.