IMT-GT Wadah Pertumbuhan Ekonomi di Tiga Negara

by -

IMT-GT Wadah Pertumbuhan Ekonomi di Tiga Negara

Semangatnews, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka acara Diseminasi Hasil Perundingan Pembahasan Usulan Proyek WGTI-GT penguatan kerjasama Implementasi Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Business Center di Hotel Grand Zuri Padang, Senin (24/2/2020)

” Kerjasama tersebut adalah sebagai wadah untuk mempercepat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi serta memperkecil kesenjangan ekonomi di wilayah perbatasan ketiga Negara”, ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Irwan juga katakan menyambut baik upaya dan terobosan yang dilakukan Kemenko Ekonomi dan Kementerian Perdagangan RI untuk mendorong peningkatan aktivitas perdagangan dalam kerangka IMT-GT melalui pembentukan IMT-GT Business Center secara lebih luas dan intensif.

“Kami yakin, proyek IMT-GT Business Center akan mampu menjadi stimulus untuk meningkatkan volume dan aktivitas perdagangan di Sumbar dalam kerangka kerjasama IMT-GT.Kita harus bersama-sama memastikan bahwa kerja sama ini dapat membawa manfaat konkret dan inklusif bagi rakyat kita juga bagi rakyat ASEAN”, ungkapnya

Irwan juga berharap peningkatan sejumlah kerja sama di beberapa bidang prioritas. Dimulai dari agro-industri, mengingat kelapa sawit dan karet, termasuk hasil produk dari UMKM merupakan komoditas andalan Bersama.

“Selain itu sektor pariwisata juga perlu didorong di ketiga negara secara bersamaan, hingga pengembangan ekonomi digital yang mutlak dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0. dengan melipatgandakan upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia guna menciptakan tenaga kerja terampil yang kompetitif dan mampu berkontribusi positif bagi kerja sama IMT-GT”, katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.