Inikah Dampak Apabila Jaringan 5G Masuk Indonesia ?

oleh -
Teknologi 5G
Ilustrasi 5G (Pixabay)

Semangatnews.com –¬†Banyak sekali masyarakat kita yang begitu menanti kehadiran jaringan 5G di Indonesia.

Apalagi telah kita ketahui Teknologi seluler generasi kelima, alias 5G memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibanding 4G.

Salah satunya adalah kecepatan unduh (download) yang diklaim bisa mencapai 20 Gbps (Gigabyte per Second), dibandingkan dengan jaringan 4G yang rata-rata kecepatannya sekitar 45 Mbps [Megabyte per second].

Dan bagi pengguna sendiri, selain bisa dipakai untuk mengunduh file dengan kecepatan tinggi, teknologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan panggilan video berkualitas tinggi dan menikmati aneka hiburan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), pemanfaatan Fixed Wireless Access (jaringan internet rumahan tanpa kabel), serta Cloud Gaming.

Sedangkan untuk ranah industri, penggunaan 5G bisa mencakup pengawasan real-time menggunakan drone, tindakan operasi medis jarak jauh, perbaikan mesin yang dibantu dengan AR, pengendalian kendaraan berat secara online, hingga pemosisian dan pelacakan mobil.

Baca Juga:  Peruntungan Shio Besok Rabu 8 September 2021: Tersedia untuk Seluruh Shio Tikus, Sapi, Kerbau, Monyet, Naga, Harimau, Ayam, Kelinci, Ular, Kuda, Domba, Anjing dan Babi

Teknologi 5G juga bisa dipakai untuk menerapkan produk smart metering untuk distribusi listrik, smart factory untuk otomatisasi pabrik, serta smart seaport guna menjalankan berbagai prosedur pemindahan barang di pelabuhan dari jarak jauh.

Namun, dari isu yang beredar apakah aman menggunakan teknologi 5G?

Menjawab pertanyaan tersebut, dilansir dari mongabay.co.id teknologi 5G dapat dimanfaatkan bagi kepentingan peningkatan kualitas lingkungan, namun ada kehawatiran terkait dampak buruknya bagi kesehatan.

No More Posts Available.

No more pages to load.