Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, 15 Muharram 1443 H Pada Bulan Agustus 2021: Beserta Niat

by -

SEMANGATNEWS.COM –  Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dikerjakan selama tiga hari setiap bulan pada tanggal 13, 14, 15 tepatnya dilakukan pada pertengan Bulan. Bahkan, Rasulullah SAW jarang meninggalkannya sekalipun sedang dalam perjalanan.

Anjuran puasa sunnah ini dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari. Rasulullah SAW memberikan tiga wasiat kepada salah seorang sahabatnya, Abu Darda.

“Kekasihku (Muhammad SAW) mewasiatkan kepadaku tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan seumur hidupku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, Sholat Dhuha, dan Sholat Witir sebelum tidur.”

Puasa sunnah kali ini jatuh pada tanggal 22, 23, 24 Agustus 2021, tepatnya tanggal 13, 14, 15 pada Bulan Muharram 1443 H.

“Ya Abu Dzar, Apabila engkau hendak berpuasa sunnah pada setiap bulannya. Maka lakukanlah puasa pada tanggal 13, 14, dan 15.” (HR. Tirmidzi).

Puasa sunnah ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Disebutkan dalam sebuah hadits Mutafaqun ‘Alaih, puasa Ayyamul Bidh sama nilainya dengan puasa sepanjang tahun. Diriwayatkan dari Abdullah ibn Amr ibn ‘Ash ra, ia berkata bahwa nabi Muhammad SAW pernah bersabda kepadanya:

“Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun.” (HR. Mutafaqun ‘Alaih).

Berikut bacaan niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta’ala.”

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.