Jelang Musim Panen, Aparat TNI Bersama Balai Penyuluh Pertanian dan Poktan Sri Rahayu Berantas Hama Tikus

by -

Cilacap – Jelang musim panen, hama tikus seringkali menghantui petani karena seringkali merusak tanaman padinya. Guna mengantisipasi hal tersebut, Balai Penyuluhan Pertanian Kawunganten bersama Aparat TNI Koramil 09/ Kawunganten dan Poktan Sri Rahayu melaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian ( Gardal ) Padat Karya di areal persawahan Dusun Krama Sari Desa Bojong Kecamatan Kawunganten, Rabu (9/9/2020).

Petugas Pengamat Hama ( POPT ) Wilayah Kawunganten yang hadir Suparjo sedangkan dari Koramil 09/ Kawunganten di wakili Serma Sugiyanto dan Sertu Kuwat, Ketua Poktan Sri Rahayu Rohman Kusnan dan warga masyarakat sekitar 15 orang. Dalam kegiatan pengendalian dan pemberantasan hama tikus tersebut di sepakati menggunakan kompor lapangan.

Dalam kesempatan itu Serma Sugiyanto mengatakan, kegiatan pengendalian hama tikus yang dilaksanakan ini merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan bersama-sama, baik dengan petugas pertanian, Babinsa maupun petani yang tergabung dalam Poktan Sri Rahayu Dusun Krama Sari Desa Bojong Kecamatan Kawunganten.

“Melalui Gerakan Pengendalian Padat Karya ini, kita menggunakan alat bantu kompor lapangan untuk memudahkan dalam membasmi hama tikus karena alat ini terbukti ampuh untuk menangani hama tikus. Dengan alat ini diharapkan dapat mengendalikan ataupun memberantas hama jenis pengerat ini ssehingga diharapkan hasil panen padi nantinya lebih meningkat,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini adalah salah satu upaya bersama, baik TNI bersama Dinas Pertanian dan Kelompok Tani dalam membantu segala kendala yang dialami oleh para petani terhadap hasil pertaniannya. Ini komitmen kita bersama dalam mendukung program pemerintah yaitu terwujudnya swasembada pangan nasional. Apabila hasil panen petani maju, maka swasembada pangan nasional akan terwujud, ” tandasnya. (Urip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.