Juni Dijadwalkan ke Sumbar, Gubernur Anies Penuhi Undangan Wagub Audy

by -

SEMANGATNEWS.COM – Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Anies Baswedan yang sekaligus Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), menyatakan dalam waktu dekat akan hadir ke Sumatera Barat (Sumbar) guna meningkatkan kerjasama antara kedua provinsi, khususnya dibidang pertanian dan budaya.

Dalam lawatannya ke Sumbar yang diperkirakan pada Juni mendatang, Anies disebut akan mengunjungi beberapa daerah, yakni Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Pariaman.

Rencana tersebut terungkap setelah sebelumnya, di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI 2022 di Bali, pada Selasa (10/5/2022), Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy secara khusus bertemu dengan Anies dan mengundang orang nomor satu di ibukota tersebut untuk datang ke Sumbar.

“Pemprov Sumbar dan Pemprov DKI akan menandatangani kesepakatan bersama, disepakati akhir juni nanti, diharapkan pasca Idul Adha dilaksanakan. Gubernur Anies akan mengunjungi beberapa daerah di Sumbar, yakni Kota Solok, Kabupaten Solok, Tanah Datar dan Kota Pariaman. Beliau (Anies) minta agar MoU tersebut ditandatangani di Istano Basa Pagaruyuang, di Tanah Datar. Setelah itu Anies akan mengunjungi potensi-potensi wisata di tiga daerah tersebut. Terutama melihat potensi pertanian di Solok,” ungkap Kepala Biro Pemerintahan, Doni Rahmat Samulo.

Selain itu, dalam diskusi antara Wagub Audy dengan Gubernur Anies, menurut Doni, juga dibahas tentang bagaimana Sumbar bisa lebih mempererat hubungan kerjasama dengan DKI karena memang 10 persen lebih warga DKI adalah perantau Minangkabau.

“Gubernur Anies sangat mensupport hal ini. Terutama kerjasama budaya untuk memperkuat akar budaya sekaligus sebagai obat rindu warga Minangkabau yang ada di DKI,” tambah Doni.

Rakernas APPSI Tahun 2022 yang berlangsung 9-10 Mei di Hotel Discovery Kartika Plaza Bali ini, Wagub Audy didampingi oleh Asisten I Devi Kurnia, Kepala BKD Ahmad Zakri, Kadis ESDM Herry Martinus, Kepala Dinas DPMPTSP, Ka. Biro PemOtda dan Kaban Penghubung Sumbar. Rakernas kali ini mengusung tema
“Meningkatkan Peran Pemrov untuk Kesinambungan Pembangunan.”(*)

Dinas Kominfotik Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.