Syafrizal Ucok : ASN Harus Loyal dan Menguasai Aturan

by -

Syafrizal Ucok : ASN Harus Loyal dan Menguasai Aturan

SEMANGATNEWS.COM-Staf Ahli Gubernur Sumbar Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah berbagi pengalaman dengan ratusan Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) Kampus Wilayah Barat Baso tentang bagaimana menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang baik di Auditorium Gubernuran, Rabu (11/5/2022) pagi.

Acara ini merupakan pembekalan untuk melepas Praja IPDN Kampus Wilayah Barat Baso mengikuti magang dan praktek lapangan. Dua ratus Praja ini akan ditempatkan di OPD Pemprov Sumbar, OPD Pemkab/Pemko, Nagari, Desa dan Kelurahan.

Kegiatan melepas Praja untuk magang ini dihadiri oleh Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MA secara virtual, hadir langsung Direktur dan Wakil Direktur IPDN Kampus Wilayah Barat Baso, civitas akademika IPDN Kampus Baso dan beberapa Kepala OPD Pemprov Sumbar.

Menurut Syafrizal Ucok, para Praja ini pada hakikatnya adalah seorang ASN nantinya dan akan menjadi pelayan masyarakat dalam bidang pemerintahan. Karena itu ada tiga hal penting yang perlu dimiliki oleh seorang ASN, yaitu memiliki loyalitas, menguasai aturan atau regulasi dan komunikatif dengan masyarakat.

“Jika ada seorang ASN yang tidak menguasai aturan maka itu alamat dirinya akan mudah melanggar aturan dan ujung-ujungnya ASN itu bisa-bisa akan terjerat oleh masalah hukum,” kata Syafrizal Ucok, mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan 2005-2010 ini.

Diharapkan oleh Syafrizal Ucok, pengalaman Praja selama magang atau praktek lapangan ini adalah modal yang paling berharga bagi Praja. Inilah yang akan dijadikan bekal oleh Praja dalam melayani masyarakat setelah benar-benar lulus dari IPDN nantinya.

Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MA dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah menerima ratusan Praja IPDN mengikuti magang dan praktek lapangan. “Kami serahkan anak-anak kami ini untuk mendapatkan pembinaan dari jajaran Pemprov, Pemerintahan Kabupaten/Kota, Nagari, Desa dan Kelurahan. Ilmu yang mereka peroleh di kampus akan menemukan realitanya di lapangan,” kata Hadi Prabowo.

Para Praja IPDN yang mengikuti magang dan praktek lapangan ini nantinya tidak lagi menulis skripsi. Mereka secara periodik akan menulis jurnal tentang pemerintahan. Semua jurnal ini akan dibahas dan didiskusikan setelah kembali lagi ke kampus nantinya.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.