Kadinas PMD Sumbar: Bimtek untuk Revitalisasi Posyandu Berbasis SIP Sangat Diperlukan

oleh -

Kadinas PMD Sumbar: Bimtek untuk Revitalisasi Posyandu Berbasis SIP Sangat Diperlukan

Semangatnews,BukittinggiPembinaan dan revitalisasi Posyandu yang berbasis Sistem Informasi Posyandu (SIP) sangat diperlukan ke depan. Sehingga pengelolaan Posyandu makin tertata dan profesional dalam memenuhi pelayanan sosial dasar kesehatan.

Demikian arahan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM. saat membuka penyelenggaraan Bimtek Sistem Informasi Posyandu Angkatan II di Bukittinggi, Senin (24/2).

Menurut Drs. H. Syafrizal, MM. melalui Bimtek selama tiga hari ini diharapkan meningkatkan kompetensi peserta dalam menyediakan dan mengelola informasi, data dan kegiatan Posyandu. “Semua kegiatan Posyandu dapat dipantau, dan jika ada yang harus ditindaklanjuti dapat pula cepat direspons,” kata Drs. H. Syafrizal, MM., mantan Pj. Bupati Dharmasraya dan Mentawai ini.

Hal yang sama juga menjadi harapan Wakil Ketua DPRD Sumbar H. Suwirven, SH., yang menjadi nara sumber dalam Bimtek ini. “Kalau operator Sistem Informasi Posyandu dan Kader Posyandu ini meningkat keterampilannya, maka diuntungkan pasti masyarakat yang dilayani,” kata H. Suwirven, SH., yang juga kader Partai Demokrat Sumbar.

Ketua Panitia Bimtek Sistem Informasi Posyandu, Dra. Hendrawati Roza, M.Si. mengatakan, penyelenggaraan Bimtek dibiayai dengan APBD Sumbar. Pesertanya berjumlah 205 orang dari Kota Padang, yang terdiri dari pengelola Posyandu, operator SIP, Kasi Pemberdayaan Kecamatan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan dan Kader Posyandu.

Nara sumber yang memberikan materi dalam Bimtek Sistem Informasi Posyandu ini adalah Operator SIP Pusat, Kadis DPMD Sumbar, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Sumbar. (*)