Kesultanan Inderapura, Memiliki Potensi Besar Kembangkan Kebudayaan Dan Pariwisata di Pessel

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Rapat Koordinasi pemerintah daerah dalam rangka membahas singkronisasi program kegiatan pembangunan provinsi dengan kabupaten kota se Sumbar tahun 2022 periode 2021 – 2026 yang dilaksanakan di Auditorium Gubernuran, Selasa (9/3/2021).

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariansyah melaporkan usulan program untuk Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yaitu mewujudkan Sumbar yang madani , unggul dan berkelanjutan.

Program yang pertama adalah “Sumbar Sehat dan Cerdas”, ini akan menjadi beban dalam pemerintah Kabupaten Pesisir yang pertama adalah beban orang tua atas iuran pada komite sekolah, hal ini dikarenakan lemahnya ekonomi masyarakat. Dan yang kedua jumlah SMK yang belum mencukupi, karena tidak seluruh SMK tidak bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sehingga keberadaan SMK untuk mencetak generasi muda itu menjadi penting.

Baca Juga:  Akta Kelahiran dan Kematian Kini Bisa Dibuat dari Kantor Pemerintah Desa

“Untuk itu, kami berharap bantuan dari Pemprov Sumbar bisa membangun SMK baru di Koto Marapak Kecamatan Bayang dan Kecamatan Lengayang. Selanjutnya kami juga berharap ada program untuk membiaya anak-anak kami yang mengikuti kuliah Perguruan Tinggi, karena biaya kuliah sangat tinggi,” pinta Rudi Hariansyah.

Selanjutnya untuk keberadaan Rumah Sakit sangat dibutuhkan, karena jumlah penduduk dibandingkan Rumah Sakit tidaklah seimbang.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Delapan Orang Dinyatakan Positif Covid-19

“Sebagaimana kita ketahui, per sepuluh ribu penduduk harus ada tiga dokter spesialis yang menangani pasien di rumah sakit,” ucapnya.

Pesisir Selatan telah memiliki RSUD Pratama Tapan yang belum memiliki Dokter spesialis, Wabup Pesisir Selatan berharap pihak Pemprov Sumbar bisa mengirimkan dokter spesialis ke rumah sakit Pratama.