Strategi SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang Menjaring Siswa Berbakat Tamatan SLTP dari Berbagai Daerah

oleh -
siswa SMKN 4 Padang jurusan seni lukis sedang membuat tugasnya

SEMANGATNEWS.COM – Di era 1980, 1990 hingga 2000 an konsep penjaringan siswa baru memasuki sekolah SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang adalah melalui tes bakat kemudian dilengkapi dengan wawancara khusus. Tetapi, bukan berarti anak-anak yang tidak berbakat tak dapat masuk kesekolah berbasis seni budaya yang cuma ada satu di Sumatera dan tiga di Indonesia ini, sepanjang ada kemauan dan kerja keras untuk belajar bidang studi peminatan/produktif, selain kompetensi normatif dan adaptif.

Baca Juga:  Untuk Aktifitas Mushalla Nurul Jamal SMKN 4 Padang  Masih Butuh Dana untuk Pembelian Mikrofon

Setiap tahunnya, sebelum covid terjadi SMKN 4 Padang biasanya mengadakan lomba melukis, menggambar tingkat SLTP dan sederajat baik di kota Padang maupun se Sumatera Barat, diantara peserta terbaik djaring pihak sekolah untuk mengikuti pendidikan di sekolah ini, kemudian pihak sekolah juga melakukan promosi keberbagai daerah di Sumatera Barat melalui kegiatan pameran seni rupa dan pertunjukkan yang dikunjungi masyarakat dan siswa SLTP/sederajat. Selain itu pihak sekolah juga bekerja bekerjasama  dengan para alumni yang bertugas menjadi  guru ditingkat SLTP dan sederajat dimana pun berada.

Baca Juga:  APBD Sumbar Bangun Galeri Seni Rupa SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang, Telah Mendorong Lahirnya Karya-Karya Terbaik

Saat dikonfirmasi semangatnews.com kepada Kepala SMKN 4 Padang, Taharuddin, S.Pd, MM didampingi Waka Kurikulum Belira Verian, S.Pd dan Waka Kesiswaan Haryani Yudha, S.Pd, menyebutkan, alhamdulillah banyak siswa-siswa berbakat dari berbagai daerah di Sumatera Barat bahkan di luar Sumatera Barat, setiap tahun memasuki sekolah ini yang diberi kebebasan untuk memilih jurusan sesuai kuota yang ada. Kemudian sistim PPDB On line memungkinkan para peserta didik tamatan SLTP dan sederajat dapat memilih jurusan yang diinginkan yang dapat diakses melalui web.smkn4.padang.