Komisi V DPR RI Puji Capaian IDM; Sumbar Hebat Sudah 45 Nagari Status Mandiri

oleh -

Komisi V DPR RI Puji Capaian IDM; Sumbar Hebat Sudah 45 Nagari Status Mandiri

SEMANGATNEWS.COM- Tim Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur dan Daerah Tertinggal, memuji capaian Indeks Desa Membangun (IDM) Sumbar tahun 2020, dimana telah mampu memiliki 45 nagari mandiri dan 348 nagari maju.

Penilaian Komisi V DPR RI itu disampaikan langsung oleh Ketua Tim Drs. Mulyadi, MMA, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Sumatera Barat, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Sudirman, Padang, Senin (15/2).

Baca Juga:  Presiden Kutuk Aksi Teror di Makassar: Semua Ajaran Agama Menolak Terorisme

Menurut Mulyadi, capaian IDM di Provinsi Sumbar ini menunjukkan bahwa penggunaan Dana Desa di nagari-nagari telah dapat dilakukan secara maksimal dalam upaya peningkatan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat nagari.

“Saya memberikan apresiasi kepada jajaran Pemprov Sumbar, yang telah bekerja keras menjadikan nagari berstatus mandiri sebanyak 45 Nagari. Padahal tahun 2016 hanya 7 nagari mandiri,” kata Mulyadi lagi.

Baca Juga:  BEM FKIP UPS Tegal Adakan Pelatihan Keterampilan Manajemen Organisasi Mahasiswa

Capaian IDM Sumbar tahun 2020 ini diekspos secara panjang lebar dihadapan Tim Komisi V DPR RI oleh Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa dan Perdesaan Kemendesa PDTT Muh Fachri, S.STP.,M.Si., yang didampingi oleh Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM.

“Keberhasilan Sumbar itu selain menambah jumlah nagari yang mandiri dan maju, sekaligus mengentaskan nagari sangat tertinggal. Hebatnya Sumbar, dari 53 nagari status sangat tertinggal, sekarang tinggal 4 nagari saja berkat dukungan Dana Desa,” kata Muh Fachri sembari menyebutkan bahwa Sumbar menerima Dana Desa tahun 2021 ini sebanyak Rp992 miliar untuk 928 desa/nagari.