Kota Padang Gelar Kemah Akhir Tahun Untuk Hindari Aktivitas Negatif Tahun Baru

by -

Kota Padang Gelar Kemah Akhir Tahun Untuk Hindari Aktivitas Negatif Tahun Baru

Semangatnews, Padang – Menghindari terjadinya aktivitas huru-hara atau hal yang berbau negatif bagi masyarakat terutama generasi muda di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang mengantisipasinya dengan salah satunya menggelar kegiatan Kemah Akhir Tahun.

Kegiatan yang diikuti para murid SD, SMP dan SMA sederajat di Kota Bengkuang itu resmi digelar dengan dibuka secara resmi Wali Kota Padang yang diwakili Sekda Kota Padang Amasrul di Bumi Perkemahan Lemdika Padang Besi, Senin pagi (30/12/2019).

Adapun untuk kegiatan ini berlangsung selama 29 Desember – 1 Januari 2020 dengan diikuti sebanyak 868 orang peserta yang terdiri dari anggota Pramuka Penggalang dan Penegak Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Kota Padang disertai pendamping dan panitia pelaksana.

Seperti diketahui, selain di Bumi Perkemahan Lemdika Padang Besi, kegiatan kemah akhir tahun juga dilaksanakan di sekolah masing-masing bagi tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se-Kota Padang.

Sekda Amasrul dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, memang tidak dipungkiri, sebagian besar orang masih salah dalam menyambut datangnya pergantian tahun baru masehi. Mulai dari adanya melakukan kegiatan huru-hara, main petasan, bahkan acara yang berbau negatif atau maksiat.

“Semua itu adalah keliru dan sangat sesat. Karena kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah ciri perilaku orang kafir yang hanya haus kesenangan dunia tanpa memikirkan kehidupan akhiratnya,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, Sekda menjelaskan, Pemerintah Kota Padang akan selalu bertindak tegas dan berupaya menyikapi hal-hal yang akan merugikan masyarakat dan Kota Padang.

“Jadi oleh karena itu, kita harus merobah ‘mindset’ dalam menyambut tahun baru masehi ini. Tentunya dengan tidak lagi merayakannya dengan turun ke jalan, bakar petasan, mengadakan panggung gembira atau hal lainnya yang akan merugikan kita sendiri dan orang banyak. Jauh lebih baik dari itu, kita harus mengisinya dengan kegiatan positif,” tuturnya.

Lebih lanjut jelas Amasrul lagi, perihal kebijakan Pemko Padang mengisi pergantian tahun baru 2019 ke 2020 dengan menggelar kemah akhir tahun menurutnya, agar para siswa atau generasi muda di Kota Padang tidak lagi berkeliaran pada malam tahun baru.

“Untuk di setiap sekolah, pada malam pergantian tahun seluruh siswa akan berada di sekolah masing-masing atau mabid di bawah pengawasan guru. Dimulai pada 31 Desember yang diisi dengan shalat berjamaah, tausiyah, zikir, muhasabah dan kegiatan positif lainnya,” paparnya.

Guna memantau pelaksanaannya ungkapnya, di masing-masing sekolah Pemko Padang menurunkan untuk masing-masing kecamatan sebanyak 10 orang tim monitor yang berasal dari Kepala OPD dengan tergabung dengan tim di kecamatan.

“Untuk itu, kita minta kepada seluruh Kepala OPD berkoordinasi dengan Camat, Lurah dan pelaku Organisasi Sosial Kemasyarakatan agar dapat memonitoring pelaksanaan kemah akhir tahun tersebut.”

“Tak hanya ini, kita juga mengimbau bagi seluruh warga masyarakat Kota Padang agar dapat memanfaatkan momentum pergantian tahun baru masehi dengan kegiatan positif dan menghindari kegiatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan istiadat kita. Selanjutnya juga kepada para pengurus masjid dan musala se-Kota Padang agar melaksanakan kegiatan yang bermanfaat seperti tausiyah, zikir dan doa bersama,” pungkasnya mengakhiri.

Pada kesempatan itu juga hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius, Kadispora Mursalim, Kepala DLH Mairizon serta para Kepala OPD di lingkup Pemko Padang dan Camat se-Kota Padang.(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.