Kota Payakumbuh Diverifikasi Kemenkes RI, Menuju Kota Sehat Wistara ke-6

by -
76201914465

Kota Payakumbuh Diverifikasi Kemenkes RI, Menuju Kota Sehat Wistara ke-6

Semangatnews, Payakumbuh – Menuju predikat Kota Sehat kategori Wistara untuk yang keenam kalinya, Kota Payakumbuh kedatangan Tim Verifikasi yang dipimpin oleh Eko Budi Yunihasto dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Kedatangan tim disambut oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dan jajaran di Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Senin (5/8).

Eko Budi Yunihasto yang bertugas di Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI itu, mengapresiasi keikutsertaan Kota Payakumbuh yang dari tahun ke tahun selalu ikut mengajukan diri sebagai kota sehat. “Karena tidak semua daerah juga yang berani dan berkomitmen untuk diverifikasi. Makanya ini bukanlah lomba, namun bagaimana sebuah daerah terus berbenah untuk menjadi Kota Sehat,” tutur Eko.

Disampaikan Eko, tahun ini ada 202 daerah secara administrasi mengajukan diri sebagai Kota Sehat. “Setelah kita periksa dokumennya sekarang tinggal 165 daerah. Untuk Sumbar ada 11 daerah termasuk Payakumbuh,” ucapnya.

Menurut Eko, sosialisasi Kota Sehat harus lebih ditingkatkan kepada masyarakat agar kesadaran hidup sehat semakin tertanam di dalam. “Misalnya di Payakumbuh, masyarakat tau gak yang mana sekolah sehat? Jangan tau nya mana sekolah favorit ataupun sekolah mahal saja,” ucapnya.

Namun di sisi lain, Eko menilai Payakumbuh sudah begitu baik dalam mensosialisasikan Kota Sehat sehingga kebersamaan dalam mewujudkannya dapat tercapai. “Apalagi Payakumbuh sudah punya tugunya juga. Ini sudah luar biasa,” ucapnya.

Untuk perbaikan ke depan, Eko merekomendasikan agar Payakumbuh punya lokus yang lebih spesifik dalam mengimplementasikan Kota Sehat. “Misalnya dibuat Kelurahan Bebas Rokok, atau Kelurahan 3R, dan lainnya,” ujarnya.

Usai ekspos Kota Sehat oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz dan Ketua Forum Kota Sehat Amrizal Jufri, Tim penilai kemudian bertolak ke lapangan meninjau Terminal Koto Nan Ampek dan Kawasan Wisata Ngalau Indah.
Turut mendampingi Sekda Rida Ananda, Asisten Setdako Elzadaswarman dan Amriul Dt. Karayiang, Kepala Dinas Kesehatan Bakhtarudin, dan sejumlah kepala OPD lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.