Kota Payakumbuh Siapkan Diri Bertarung Pada LSS Tingkat Provinsi tahun 2019.

oleh -

Semangatnews, Payakumbuh – Berdasarkan informasi dari Tim Pembina UKS Provinsi, pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi tahun 2019 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 nanti.

Bertempat di ruang rapat lantai 2 kantor Balaikota baru ex. Lapangan Poliko pada, Kamis (24/1) dilangsungkan rapat koordinasi UKS bersama perwakilan seluruh sekolah dari perwakilan setiap kecamatannya, mulai dari sekolah taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas untuk menentukan nantinya sekolah yg akan mewakili Kota Payakumbuh pada LSS Tingkat Provinsi Tahun 2019.

Pada kesempatan ini juga ikut hadir ketua GOW Kota Payakumbuh Magdalena Erwin Yunaz, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang dari Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kankemenag, Pembina Tim UKS dari Kecamatan dan Bagian Kesra sebagai pelaksana Rakor UKS.

Untuk sekolah yang akan mewakili Kota Payakumbuh pada LSS Tingkat Provinsi Tahun 2019 nantinya yakni TK Pembina dari Kecamatan Payakumbuh Utara, SDN 63 dari Kecamatan Payakumbuh Selatan, SMPN 4 dari Kecamatan Payakumbuh Barat dan SMAN 1 dari Kecamatan Payakumbuh Timur. Setiap Kecamatan Kota Payakumbuh mewakili setiap tingkat sekolah pada LSS Tingkat Provinsi Tahun 2019.

Pada sambutannya dalam pembukaan rapat koordinasi UKS, Sekdako Amriul Dt. Karayiang menyampaikan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan wahana atau kendaraan yang dapat ditumpangi oleh berbagai program seperti kesehatan reproduksi, gizi, pencegahan penyalahgunaan napza, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan, pengobatan sederhana dan lain–lain. Wahana ini menjadi penting dan strategis, karena pelaksanaan program melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tentu akan lebih efektif dan efisien serta berdaya ungkit lebih besar.

“Perlu upaya pembinaan dan pengembangan UKS dengan melakukan evaluasi hasil pembinaan melalui Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi tahun lalu, sehingga pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi berlajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat,” ungkap Amriul.

Ketua GOW Magdalena sangat mengapresiasi sekolah yg dapat mewakili kota Payakumbuh pada LSS Tingkat Provinsi Tahun 2019, dan Magdalena berharap di tahun 2019 ini sekolah yg mengikuti LSS Tingkat Provinsi dapat menjadi lebih baik dan menjadi contoh bagi sekolah lainnya di kota Payakumbuh yang belum terpilih mengikuti Lomba sekolah sehat ini, ungkap Magdalena.

Adapun tujuan khusus dari lomba ini adalah upaya pembinaan dan pengembangan UKS, reward terhadap sekolah dalam pengembangan UKS, serta evaluasi kegiatan pembinaan melalui proses pengukuran hasil yang dicapai sebagai dasar penyempurnaan perencanaan.(N/jn)