KPK Gelar Bimtek Peran Serta Masyarakat Cegah Korupsi

oleh -

KPK Gelar Bimtek Peran Serta Masyarakat Cegah Korupsi

SEMANGATNEWS.COM-KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembinaan peran serta masyarakat dalam pencegahan tindak pidana korupsi, selama tiga hari, 14-16 September 2021 di BPSDM Sumbar, Padang Besi, Padang.

Bimtek yang dibuka Plt Deputi Bidang Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiani ini, dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi, Forkopimda, Sekdaprov Sumbar Drs. Hansastri, Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Brigjen Pol Kumbul Sujianto, Kepala Badan Kesbangpol Jefrinal Arifin, Kepala BPSDM Bustavidia, dan Kabiro Adpim Drs. Hefdi, M.Si.

Menurut Wawan Wardiani, saat ini pemberantasan tindak pidana korupsi oleh KPK dilakukan dengan tiga hal, yang dikenal dengan Trisula KPK yaitu penindakan, pencegahan dan pendidikan.

Baca Juga:  Gubernur Puji Kekompakan Masyarakat Ranah dan Rantau

Penindakan tetap diperlukan KPK, seperti tangkap tangan, penggeledahan dan penyadapan atau Operasi Tangkap Tangan. Gunanya untuk memberikan efek jera, sehingga mengurangi keinginan orang atau penyelenggara negara untuk melakukan tindak pidana korupsi.

Kemudian pencegahan, ini sebenarnya yang menjadi tugas pokok KPK, yaitu dengan cara memperbaiki sistem dan administrasi di dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga mencegah, mempersempit ruang dan meniadakan kesempatan bagi penyelenggara negara untuk melakukan tindak pidana korupsi.

Baca Juga:  Lima Siswa SMP Perwakilan Sumbar Ikut Seleksi GSI Nasional 2021 Seluruhnya Dari Kota Randang

Ditambahkan Wawan Wardiani, program KPK yang ketiga untuk pemberantasan korupsi adalah dengan pendidikan anti korupsi di seluruh tingkatan, mulai dari usia dini hingga perguruan tinggi. “Kita tidak pernah ada hentinya untuk memberikan pendidikan anti korupsi, sampai tua pun tetap diperlukan pendidikan anti korupsi,” kata Wawan Wardiani lagi.

No More Posts Available.

No more pages to load.