Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 197 198, Karyaku Prestasiku, Kliping Kekayaan Bangsaku

by -
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 197 198, Karyaku Prestasiku, Kliping Kekayaan Bangsaku
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 197 198, Karyaku Prestasiku, Kliping Kekayaan Bangsaku

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut membahas tentang pembelajaran 4, subtema 4, tema 1, untuk kelas 5 SD/MI.

Nah, adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam mempelajari pelajaran 4 yang terdapat pada halaman 197 sampai 198.

Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk kelas 5 SD/MI, Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek.

Kunci jawaban merupakan pembahasan dan uraian dari soal yang terdapat pada pembelajaran 4. Materi untuk pembelajaran 4 ini meliputi ‘Kliping Kekayaan Bangsaku’.

Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Nah, simaklah Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 197 198, Subtema 4 Pembelajaran 4 berikut ini dengan saksama!

 

Telah kita ketahui bahwa bangsa kita meruapakan bangsa yang kaya. Kekayaan bamgsa kita meliputi sumber daya alam, budaya, sosial, dan politik. kekayaan ini bisa menjadi modal bagi pelaksanaan pembangunan dan pemerataan hasil-hasilnya. Namun terkadang banyak dari kita yang justru tidak menyadari potensi kekayaan tersebut. Dengan demikian banyak yang bersikap acuh, tidak bertanggung jawab, dan sewenang-wenang dalam memanfaatkan potensi-potensi kekayaan tersebut.

Untuk memunculkan kesadaran tersebut, harus dimulai dengan mengenal potensi kekayaan yang dimiliki bangsa kita. Hal ini sesuai dengan pepatah yang berbunyi “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Ayo kenali potensi kekayaan bangsa kita dengan membuat kliping.

Kegiatan 1

Kliping Kekayaan Bangsaku

Buatlah kliping tentang kekayaan bangsa Indonesia. Kumpulkan dan susunlah gambar tentang kekayaan bangsa Indonesia pada aspek sumber daya alam, budaya, sosial, dan politik.

1. Siapkan buku atau kertas sebagai media untuk menempelkan gambar.
2. Siapkan penggaris, lem kertas, gunting, dan pulpen.
3. Kumpulkan gambar dari berbagai referensi atau sumber.
4. Tempelkan gambar-gambar tersebut pada media yang sudah disiapkan
sebelumnya.
5. Berilah judul dan keterangan singkat pada setiap gambar.

Kriteria Keberhasilan
1. Mandiri dalam mengerjakan gambar,
2. kerapian dalam menyusun gambar, dan
3. keakuratan gambar.

Jawaban:

1. Kliping Sumber Daya Alam Indonesia

Sumber Daya Alam sendiri adalah segala sesuatu yang asalnya dari alam yang bisa dipergunakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang beragam dan tak terbatas. Dalam rangka memudahkan pengkajian maka sumber daya alam ini kemudian dibagi menjadi dua yakni:

A. Sumber Daya Alam Hayati
Sumber daya alam hayati atau biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti tumbuhan-tumbuhan dan hewan.

– Hewan
Berdasarkan cara hidupnya, hewan dikelompokkan menjadi hewan liar dan hewan peliharaan atau hewan ternak.

Hewan liar berfungsi untuk menjaga keseimbangan alam sekaligus sumber makanan. Hewan juga ada yang diternakkan untuk sumber pangan, membantu mengolah sawah, dan sebagai transportasi.

 

– Tumbuhan
Berdasarkan asalnya, tumbuhan ada yang tumbuh alami di hutan dan ada yang merupakan hasil pertanian dan perkebunan.

Tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, sandang, dan papan. Keberadaan tumbuhan juga penting untuk keseimbangan ekosistem. Apalagi tumbuhan dapat menyimpan air dan menghasilkan oksigen.

B. Sumber Daya Alam Non-Hayati

Sumber daya alam non hayati (abiotik) adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati seperti tambang, air, batuan dll.

2. Kliping Keragaman Budaya Indonesia

Di Indonesia terdapat beranekaragam kebudayaan yang dapat dipahami dengan melakukan penelitian atau biasa disebut dengan etnografi. Etnografi merupakan suatu penelitian yang didalamnya memuat kegiatan berupa penemuan bahan-bahan keterangan tentang kebudayaan yang dilakukan secara sistematis.

Misal, mengenai cara beradaptasi dan berbagai interaksi awal yang berhubungan terhadap berbagai unsur kebudayaan yang tercipta di dalam suatu lingkup masyarakat tertentu.

Berdasarkan kliping yang telah kamu buat tersebut, coba buatlah tulisan atau bacaannya. Pilihlah satu gambar untuk dijadikan sebagai sumber bacaan.

Kegiatan 2

Membuat Bacaan Berdasarkan Gambar Kliping

Buatlah tulisan atau bacaan berdasarkan gambar pada kliping. Pilih satu gambar sebagai sumber cerita. Untuk memudahkanmu, buatalah ide pokoknya terlebih dulu.

Langkah Kerja
1. Siapkan kertas dan pulpen untuk menulis cerita.
2. Tentukan ide pokok berdasarkan gambar kliping.
3. Kembangkan cerita berdasarkan ide pokok.
4. Bacakan cerita yang telah kamu tulis di depan teman-teman.

Kriteria Keberhasilan:
1. Dapat menuliskan cerita berdasarkan gambar kliping,
2. mampu mengomunikasikan hasil tulisan dengan bercerita, dan
3. dapat berbicara dengan sopan serta santun pada saat bercerita.

Jawaban:

Ide Pokok Paragraf
Paragraf 1: Indonesia memiliki beranekaragam kebudayaan
Paragraf 2: Indonesia memiliki berbagai jenis kesenian daerah.
Paragraf 3: Indonesia juga memiliki keragaman rumah adat.
Paragraf 4: Pakaian adat juga merupakan keragaman budaya masyarakat Indonesia.

Keragaman Budaya Masyarakat Indonesia

Indonesia memiliki beranekaragam kebudayaan. Keanekaragaman kebudayaan dapat dipelajari dengan melakukan penelitian atau biasa disebut dengan etnografi. Etnografi merupakan suatu penelitian yang didalamnya memuat kegiatan berupa penemuan bahan-bahan keterangan tentang kebudayaan yang dilakukan secara sistematis. Misal, mengenai cara beradaptasi dan berbagai interaksi awal yang berhubungan terhadap berbagai unsur kebudayaan yang tercipta di dalam suatu lingkup masyarakat tertentu.

Indonesia memiliki berbagai jenis kesenian daerah. Jenis kesenian daerah di Indonesia seperti tarian, lagu alat musik, pakaian adat, dan sebagainya. Pada masing-masing daerah memiliki tujuan yang berbeda-beda dengan diadakannya kesenian tersebut. Misal, sebagai pengungkapan rasa syukur, penyambutan tamu kehormatan dalam upacara pernikahan, peringatan hari besar keagamaan, sebagai hiburan masyarakat setempat, dan lain-lain.

Indonesia juga memiliki keragaman rumah adat. Rumah adat yang terdapat di masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri untuk membedakan antara rumah adat daerah satu dengan yang lainnya. Di Indonesia terdiri atas banyak sekali jenis rumah adat. Fungsi rumah adat untuk setiap daerah berbeda-beda, diantaranya digunakan sebagai tempat untuk upacara adat, penyimpanan hasil bumi setempat, dan lain sebagainya. Berikut contoh rumah adat dan asal daerahnya :

Pakaian adat juga merupakan keragaman budaya masyarakat Indonesia. Pakaian adat yang terdapat di masing-masing daerah juga memiliki perbedaan. Pada umumnya pakaian adat digunakan hanya pada acara dan ritual tertentu saja. Misal, dipakai dalam upacara pernikahan, upacara peringatan hari besar keagamaan, dan acara lainnya.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.