Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 43 44 45 46 47 48 49, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia: Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 43 44 45 46 47 48 49, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia: Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 43 44 45 46 47 48 49, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia: Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 3, Subtema 1, pembelajaran 5 untuk Kelas 6 SD/MI berikut.

Tema 3 yaitu Tokoh dan Penemuan, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia. Pembelajaran 5 dimulai dari halaman 43 sampai 50. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 43, 44, 45, 46, 47, 48, dan 49.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi yang dibahas yaitu ‘mendiskusikan pengaruh perkembangan teknologi bagi kehidupan masyarakat’, ‘bereksplorasi untuk menemukan unsur-unsur lingkaran (juring, tembereng, busur dan tali busur’, ‘menyanyikan lagu “Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Dengan ditemukannya bola lampu, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat. Dulu malam hari terlihat gelap karena tidak ada lampu yang menyinari. Sekarang, menjadi lebih terang dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan di malam hari

Kunci Jawaban Halaman 43 44 45 46

Ayo Berdiskusi

Tulislah manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

1. Sebagai lampu penerangan rumah dan kendaraan
2. Sebagai penghangat pada alat penetas telur
3. Sebagai lampu pengatur lalu lintas
4. Sebagai tanda bahaya
5. Bisa menjadi penghias

Menurutmu, bagaimana kehidupan masyarakat sebelum ada bola lampu dan sesudah ada bola lampu? Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

Jawaban:

Sebelum ada lampu:
– Ketika malam hari cenderung gelap
– Mengandalkan lampu minyak untuk penerangan
– Aktivitas cenderung dilakukan pada pagi hari hingga sore hari
– Kegiatan belajar biasa dilakukan saat siang hari.

Setelah ada lampu:
– Malam hari tetap terang dengan cahaya lampu dimana-mana
– Menggunakan lampu untuk penerangan
– Aktivitas bisa dilakukan kapan saja
– Kegiatan belajar dapat dilakukan kapan saja, begitu juga di malam hari.

Bacalah teks berikut!

Terang yang Membawa Kemudahan

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Tokotoko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?

Jawaban:

Dahulu, penerangan malam hari hanya bersumber dari cahaya api yang berupa lampu minyak. Namun, saat ini penerangan di dunia sudah berkembang sejak bola lampu pijar ditemukan. Hal ini membuat segala kegiatan masyarakat bisa dilakukan kapan saja.

2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?

Jawaban:

Segala kegiatan manusia dapat dilakukan kapan saja meski ketika malama hari seperti mengemudikan kendaran, berbelanja ke toko, belajar, dan sebagainya.

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!

Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.

Tuliskan dalam tabel berikut!

Jawaban:

Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?

Jawaban:

Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Penemuan tersebut memudahkan pekerjaan manusia.

Bola lampu pijar yang ditemukan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia di dunia. Dapatkah kamu menunjukkan diameter dari dudukan bola lampu pijar yang dibawa oleh gurumu?

Kunci Jawaban Halaman 47 48 49

Ayo Mencoba

Pada pertemuan sebelumnya, kamu telah belajar tentang jari-jari dan diameter pada lingkaran. Sekarang kita akan mengenal unsur-unsur lingkaran yang lainnnya.

Amatilah lingkaran berikut.

Tunjukkan dan jelaskan bagian-bagian lingkaran berikut!
1. Busur
2. Tali busur
3. Tembereng
4. Juring
Presentasikan hasilmu di depan kelas!

Jawaban:

1. Gambarlah lingkaranmu sendiri dengan menggunakan jangka!
2. Tunjukkan bagian yang merupakan jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring!
3. Berilah warna dan tanda supaya menarik!

Jawaban:

1. Bagaimana hubungan antara titik pusat, jari-jari, dan busur pada lingkaran?

Jawaban:

– Titik pusat adalah titik tengah lingkaran yang berjarak sama dari semua titik pada lingkaran dan jarak tersebut dinamai jari-jari.
– Busur adalah bagian lingkaran atau garis lengkung yang berjarak sama dari titik pusat dan jarak tersebut adalah jari-jari.

2. Bagaimana hubungan antara jari-jari, diameter, juring, dan busur pada lingkaran?

Jawaban:

Hubungan antara jari-jari, juring dan busur pada lingkaran ditentukan sebagai, ratio besar dua sudut pusat = ratio panjang dua busur lingkaran = ratio luas dua juring lingkaran.

3. Bagaimana hubungan antara busur, tali busur, dan tembereng pada lingkaran?

Jawaban:

Busur dan tali busur yang melalui dua titik yang sama akan membentuk sebuah tembereng, dengan kata lain busur dan tali busur merupakan sisi-sisi yang membatasi daerah tembereng tersebut.

Dengan kerja keras dan pantang menyerah, Thomas Alva Edison berhasil menemukan bola lampu. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu telah memiliki sikap pantang menyerah pada saat belajar lingkaran?

Sekarang kita akan berlatih kembali bernyanyi lagu “Mariam Tomong” sesuai dengan interval nada. Tetap pertahankan semangat pantang menyerahmu ya!

Ayo Berkreasi

Nyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong dengan nada yang tepat. Awalnya, gurumu akan mencontohkan. Setelah itu nyanyikan lirik lagunya dengan nada yang tepat. Berlatihlah secara berpasangan dengan temanmu.

Ayo Renungkan

– Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
– Apakah kamu sudah mengaplikasikan sikap pantang menyerah pada setiap materi yang kamu pelajari?

Kerja Sama dengan Orang Tua

1. Sampaikan kepada orang tuamu dampak dari ditemukannya bola lampu bagi kehidupan masyarakat!
2. Mintalah cerita darinya mengenai dampak yang orang tuamu rasakan dari perkembangan teknologi!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.