Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 151 52 153, Literasi: Bacaan 4

oleh -
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 151 52 153, Literasi: Bacaan 4
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 151 52 153, Literasi: Bacaan 4

SEMANGATNEWS.COM – Adik-adik, mari simak kunci jawaban Tema 7 Kelas 4 SD/MI, bacaan 4 berikut ini!

Tema 7 yaitu Indahnya Keragaman di Negeriku, Bagian Literasi. Bacaan 4 dimulai dari halaman 151 sampai 153.

Materi berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Adapun pembahasannya berupa ‘Batik, Warisan Budaya Indonesia’.

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman daam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 148 149 150, Literasi: Bacaan 3

Batik, Warisan Budaya Indonesia

Hari ini Dahlia dan teman-teman akan berkunjung ke desa wisata batik di Jarum, Bayat, Klaten. Seperti di Surakarta dan Yogyakarta, di Klaten juga ada perajin batik. Mereka akan melihat proses pembuatan kain batik di sana.

Tepat pukul 8.00 Dahlia dan teman-teman berangkat menuju Desa Jarum. Dengan didampingi Pak Rahmadi, mereka naik bus ke Desa Jarum. Mereka akan menempuh perjalanan, kira-kira 45 menit.

Kira-kira pukul 8.45 rombongan Dahlia tiba di desa wisata batik Jarum.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 29 30 31 33 34, Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku: Pembelajaran 4

”Anak-anak, kalian akan melihat proses pembuatan batik tulis. Lihatlah dengan cermat. Kalau ada yang tidak jelas, tanyakanlah,” pesan Pak Rahmadi kepada anak didiknya.

Setelah itu, Dahlia bersama teman-temannya diajak berkeliling oleh pengrajin yang mereka datangi. Satu demi satu mereka melihat proses pembuatan kain batik tulis. Proses pembuatan kain batik tulis dimulai dengan pemilihan kain. Yang dipilih adalah kain mori, katun, atau sutra sesuai dengan kualitas kain batik yang diinginkan. Setelah pemilihan kain, diteruskan dengan membuat gambar pada kain batik dengan malam atau lilin. Setelah digambar sesuai dengan motif yang dipilih, kemudian dilakukan proses pewarnaan. Pada batik Jarum ini ada dua jenis pewarnaan, menggunakan warna kimia dan warna alami. Selanjutnya, dilakukan proses nglorot atau proses perebusan kain batik dengan air mendidih. Langkah selanjutnya, mencuci kain batik tersebut dengan air dingin, lalu dikeringkan. Proses terakhir adalah direbus lagi agar warnanya awet.

No More Posts Available.

No more pages to load.