Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman se Kota Payakumbuh.

by -

SEMANGAT PAYAKUMBUH – Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat luas agar mampu dan mau mengkonsumsi pangan non beras dan non terigu yang beragam, bergizi seimbang dan aman, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (LCM-B2SA) di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan jln. Imam Bonjol Kel. Padang Tinggi, Kamis (7/9).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Yoherman, ketua TP-PKK Henny Riza Falepi, Camat Latina David Bachri, Camat Payakumbuh Timur L. Keprinasdi, TP-PKK kecamatan, Chef Herman, hadirin dan tamu undangan lainnya.

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yoherman dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan yang sudah menggelar kegiatan lomba ini.

Kegiatan ini sejalan dengan Program Pemerintah Kota Payakumbuh dalam peningkatan Sumber Daya Manusia yang salah satunya pemenuhan gizi yang baik, seimbang dan aman, ungkap Yoherman.

Sementara itu ketua TP PKK kota Payakumbuh, Henni Riza Falepi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut berharap agar lomba ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam penyediaan snack kotak yang merupakan produk hasil B2SA maupun PKK pada acara-acara. Sehingga hal ini tentu bisa meningkatkan taraf hidup dan menggerakkan roda perekonomian.

Kegiatan lomba ini diikuti oleh peserta utusan masing-masing Kecamatan, sebanyak 7 grup dengan masing-masing 2 orang per grup.

Dewan juri dalam lomba tersebut berjumlah 5 orang yaitu Hj. Erni Roska dari TP PKK Kota Payakumbuh, Wal Asri dari Dinas Ketahanan Pangan, Tri Ivo Gianti Nora dari Dinas kesehatan, Rahzarni mewakili Politeknik Pertanian Payakumbuh dan Restu Agustia dari SMK N 3 Payakumbuh.

Hasil penilaian juri keluar sebagai pemenang Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Latina sebagai pemenang pertama. Pada posisi kedua diraih oleh Kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan. Juara 3 dari Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur.

Para pemenang memperoleh hadiah berupa uang tunai persembahan dari Dinas Ketahanan Pangan masing-masing untuk juara 1 sebesar Rp. 2 jt, juara 2 Rp. 1,750 ribu juara 3 sebesar Rp. 1.5 jt.

Pemenang di Tingkat Kota akan diboyong ke Tingkat Provinsi mewakili Kota Payakumbuh dalam lomba yang sama tanggal 29 September-1 Oktober di Kota Sawahlunto pada Perayaan Hari Pangan Dunia Tingkat Provinsi Sumatera Barat. (Jentrael)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.