LPM Tanjuang Gadang Sungai Pinago Dinilai Tim Penilai Dari Provinsi

oleh -
IMG-20190910-WA0004-01

LPM Tanjuang Gadang Sungai Pinago Dinilai Tim Penilai Dari Provinsi

Semangatnews, Payakumbuh – Masuk nominasi 7 besar, dari 3 Kabupaten dan 4 Kota, LPM di Kota Payakumbuh dikunjungi oleh Tim Penilai LPM Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kelurahan Tanjuang Gadang Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin (9/9).

Tim Penilai bersama Walikota yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda yang didampingi Staf Ahli Syahril, Kasatpol PP dan Damkar Devitra, Kadis Ketapang Edvidel Arda, Kadis Koperasi dan UKM Herlina, Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi, Ketua KUA, Ketua KAN dan Ketua Bundo Kanduang, Babinsa, Babinkamtibmas, serta jajaran ASN Pemko Payakumbuh lainnya disambut dengan tari pasambahan oleh warga Tanjuang Gadang Sungai Pinago bersama Lurah Seprianis.

Bahkan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 Ahmad Zifal dan Zainir ikut hadir memberikan dukungan kepada LPM Sungai Pinago berprestasi Daswirman.

Dalam sambutannya Sekda Rida Ananda mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai, dan merasa gembira atas masuknya LPM Sungai Pinago sebagai nominator untuk dinilai ditingkat provinsi.

“Semoga menjadi penyemangat bagi LPM lainnya di Payakumbuh. Partisipasi LPM secara umum cukup tinggi di Payakumbuh, hampir ketika musrenbang, LPM yang sangat membawa usulan masyarakatnya dengan aktif,” kata Rida.

Sekda mewakili Pemko Payakumbuh juga mengucapkan terimakasih atas prestasi yang diperoleh LPM Tanjuang Gadang Sungai Pinago ini. LPM masih bisa bergerak, meskipun dengan minimnya anggaran, tidak seperti di desa yang ada di Kabupaten yang bisa menggunakan Dana Desa.

“Pemerintah mengucapkan terimakasih. Juga disinilah Walikota pertama kali melakukan pembebasan tanah sungai Batang Agam untuk di Normalisasi, bukan dimulai diatas, semoga pekerjaan LPM dan pengurus dibalas oleh Allah SWT,” kata Sekda Rida.

Tim penilai, dari Konsultan Pendamping Wilayah Desa Tertinggal Khairul Anwar menyebut adapun poin yang akan dinilai antara lain seperti kemasyarakan, ekonomi, sosial, agama, budaya, dan lingkungan.

“Disini akan dilihat seberapa besar peran LPM dan semangat kegotongroyongannya untuk mendukung pembangunan, kita minta saat ekspose kelompok yang diwawancara nanti berikan informasi yang sesungguhnya, sehingga kriteria penilaian dapat ditemukan oleh tim penilai,” katanya mantap.

Tim Penilai melakukan penilaian sebagai bagian tahapan melalui proses administrasi dan lapangan, dimana dalam kunjungan ini adalah untuk memverifikasi dengan melihat sejauh mana kesesuaian hasil penilaian tertulis dengan fakta yang ada di lapangan.

Formasi Tim Penilai dari unsur DPD LPM Provinsi seperti Dedi Azim dan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi (DPMD) Sumbar Drs. Irwan Efendi, Nurfida Yetti, Yenni Erlinda