Wagub Sumbar Minta Eselon II Ikuti Tes Psikologi dari Universitas Indonesia

oleh -

Wagub Sumbar Minta Eselon II Ikuti Tes Psikologi dari Universitas Indonesia

Semangatnews, Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menggelar Workshop Penguatan Kerjasama Team bagi pimpinan tinggi pratama atau Eselon II di lingkungan pemprov Sumbar di Auditorium Gubernuran, Senin (9/9/2019).

Acara dibuka oleh Wagub Sumbar Nasrul Abit dengan mendatangkan narasumber yang berasal dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yaitu Wakil Dekan Fakultas Psikologi, Dra. Herta Napitupulu, M.M., Psikolog. Dengan tujuan agar pimpinan Organisasi Perangkat Daerah mengembangkan kapasitas dan manajemen aparatur.

“Nantinya para pejabat eselon II ini diberikan tes isian dari kuesioner, sehingga nantinya terlihat tingkat kecerdasan, kejujuran, disiplin dan kemalasan, bahkan bisa dilihat tingkat tanggungjawab yang kurang,” ungkap Wagub Nasrul Abit.

Organisasi dapat diumpamakan sebagai sebuah Orkestra yang terdiri dari sejumlah musisi dengan berbagai instrumen yang berbeda-beda dengan tujuan alunan musik yang harmonis dan indah. Dengan artian organisasi terdiri dari berbagai unsur yang memiliki perbedaan, baik dari segi kepribadian, sikap maupun peran, tetapi memiliki tujuan yang sama.

“Dengan hadirnya Herta Napitupulu bisa mengasah kembali ilmu kita untuk meningkatkan kapasitas kinerja pimpinan OPD,” ucapnya.

Kembali Wagub Sumbar meminta dalam pelatihan itu bisa menciptakan kebersamaan, yang hasilnya nanti dapat menjadi evaluasi bagi dirinya mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan yang terpenting kerjasamanya dalam team.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Abdul Gafar menyampaikan kegiatan ini bisa menjadi bahan dalam mengenal diri sendiri, baik dari segi kemampuan, sehingga bisa menghasilkan penguatan bagaimana menjadi pemimpin yang bijak dan profesional dalam melayani masyarakat.

“Dibutuhkan kebersamaan tim yang solid dalam merangkai perbedaan menjadi sebuah kekuatan yang menggerakkan pemerintahan daerah,” jelas Abdul Gafar.

“Melalui workshop ini akan memberikan motivasi dan kekuatan baru dalam rangka peningkatan kinerja pemprov Sumbar terutama bagi pejabat eselon II. Karena memang tugas dan tanggung jawab kita ke depan lebih berat,” tutupnya.
#nov
#humassumbar