Mahyeldi: Potensi Petanian dan Kemaritiman Sumbar Sangat Luar Biasa

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Sumatera Barat memiliki potensi yang besar, kelautan dan perikanan mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, terutama dalam meningkatkan perluasan kesempatan kerja.

“Daerah perairan kita memiliki potensi luar biasa yang harus bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat kelautan dan perikanan yang dihasilkan oleh nelayan, dengan pembudidaya ikan dari pelaku usaha perikanan lainnya wajib memelihara lingkungan, kelestarian dan ketersediaan sumberdaya ikan,” sambut Gubernur Sumbar dalam sambutan Rakor Pemerintahan Daerah.

Baca Juga:  Pemkab Solok Selatan Minta Kantor PN Segera Dibangun

Acara Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Ketua DPRD, Serta Anggota Forkopimda, Sekda Sumbar, Bupati/ Walikota se-Sumbar, para Staf Ahli, para Asisten, dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar dan Kepala OPD terkait di lingkungan Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Baca Juga:  Di Balik Sukses Dasawisma Teratai Satu Dedikasi Hermawati Lahirkan Prestasi

Pelaksanaan Rapat Koordinasi yang mengambil tema “Penguatan Sinergitas Program yang Terintegrasi Mewujudkan Petanian dan Kemaritiman yang Tangguh, Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan” yang digelar di Hotel Kryad Bumi Minang, Padang, Rabu (24/3/2021).

Rakor tersebut mewujudkan sinkronisasi dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga:  Sekda Yuen ; Retribusi Pasar Ateh Gratis Sampai Adanya Penyerahan Aset ke Pemko Bukittinggi

Sektor kemaritiman mempunyai karakteristik yang berbeda dengan sektor lain, khususnya sumberdaya perikanan laut yang pada hakekatnya tidak dapat dibatasi berdasarkan wilayah administrasi dan bersifat terbuka dalam pemanfaatannya. Sumberdaya perikanan laut tropis memiliki banyak spesies yang relatif terbatas jumlahnya.