Bermanfaat Atau Tidak Bermanfaatkah Kopi bagi Kesehatan?

oleh -
Adanya efek stimulan yang terkandung pada kopi.

Semangat-Health: Kopi merupakan minuman populer bernilai ekonomis dan memiliki manfaat kesehatan yakni penurunan risiko hepatocarcinoma, penyakit kardiovaskuler, mengurangi gangguan kognitif ringan, menurunkan resiko depresi,  Kopi memiliki kandungan polifenol dan memberikan perlindungan dari penyakit hati.

Sebuah studi mengatakan konsumsi kafein menurunkan kadar amyloid B dalam plasma dan otak. kafein juga menekan target mamalia dari rapamycin kompleks 1 (mTORC1). Selain itu kopi juga mengandung polifenol  sebagai asam chlorogenic yang membantu mengatur metabolisme lemak. polifenol kopi diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang mencegah oksidasi DNA, protein dan lipid.

Hasil studi Tokyo Metropolitan Institute Gerontology, Tokyo Japan, menyimpulkan mengkonsumsi kopi 3 sampai 4 cangkir sehari menurunkan kematian 24% usia 40 sampai 69 tahun. mTOR dan kinase mTOR terkait dengan usia penuaan dan metabolisme.

Konsumsi kopi tanpa kafein menurunan asam lemak plasma bebas dan meningkatan kadar ATP dan jumlah mTOR terfosforilasi dalam hati. Selain itu, konsumsi kopi biasa meningkatkan asupan makanan dan air, aktivitas lokomotor, tingkat VCO2, dan RER pada tikus berusia.

studi lain mengatakan konsumsi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan mengingat efek kafein bersifat stimulan yang terkandung didalam kopi. konsumsi kopi tidak dianjurkan melebihi 100 mg/hari. Hal ini dikarenakan kopi menyebabkan denyut jantung menjadi cepat, mempersempit pembuluh darah menuju katup jantung, mengiritasi pembuluh darah arteri korener, kelelahan jantung, menyebabkan serangan jantung mendadak.

Karena menimbulkan gangguan pada jantung saat sedang memompa darah. Denyut jantung menjadi lambat dan tersendat sendat. Hal ini dapat menimbulkan sesak dada, nyeri dada dan tidak mampu berjalan lama.

Dalam kondisi normal, denyut jantung seseorang bisa mencapai 80 denyut/menit, jika konsumsi kopi bisa sampai 100 denyut/menit. Bagi seseorang yang memiliki penyakit jantung atau penyempitan pembuluh darah, suplai darah ke seluruh tubuh akan berkurang. Namun, konsumsi kopi yang berlebihan akan menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan keras.  Hal inilah dapat menyebabkan kondisi berbahaya. (*)