, , , ,

Mengenang 1 tahun Tragedi Wamena : A Tribute to Nasrul Abit

oleh -

Mengenang 1 tahun Tragedi Wamena :
A Tribute to Nasrul Abit..,

Hari ini setahun yang lalu,,,tepat pada tanggal 23 September 2019 sebuah tragedi berdarah terjadi diujung timur negeri ini…Tragedi ini telah merenggut sembilan nyawa para perantau Minang di Wamena dari total jumlah korban jiwa sebanyak 33 orang… Ratusan luka-luka serta ribuan warga mengungsi karena rumah, toko dan tempat usaha mereka dijarah dan dibakar..

Baca Juga:  Buya Gubernur Ingatkan Umat Kembali ke Al Qur'an saat Dihadapkan pada Masalah kala Pandemi

Tragedi ini bermula pada pagi hari ketika sekelompok massa pelajar berpakaian SMK menggelar aksi unjuk rasa terkait isu rasialis. Mereka menuduh salah seorang guru di sekolah telah mengeluarkan kata-kata kasar berbau rasial. Tidak menunggu terlalu lama aksi unjuk rasa tersebut berubah menjadi anarkis.

Kerusuhan pecah dimana para pelajar diprovokasi dan ditunggangi oleh kelompok kriminal bersenjata menyerang warga-warga pendatang. Mereka para warga pendatang yang disebut Non-OAP berlarian menyelamatkan diri memenuhi kantor polisi dan markas tentara.

Baca Juga:  Karya pelukis Hendra Sardi Terpilih Dipamerkan di Pendhapa Art Space Yogyakarta

Disana, setidaknya mereka bisa selamat untuk sementara. Malangnya ada sebagian yang terjebak dalam amuk massa tersebut dan harus kehilangan nyawa mereka. Laki-laki, perempuan, tua atau muda menjadi korban.

Asap hitam membumbung menghias langit Kota Wamena. Jerit histeris ketakutan melebihi suara dentuman senjata. Aparat keamanan seakan tidak berdaya menghadapi ribuan warga Papua yang tersulut amarah…

Baca Juga:  Pemko Payakumbuh Gelar FGD Perkuat Pengawasan BLUD

Hingga malam hari suasana masih belum kondusif…Aparat keamanan tidak dapat berbuat banyak…Parameter utama mereka hanya mengamankan para pengungsi sembari menunggu datangnya aparat tambahan dari Jayapura.

No More Posts Available.

No more pages to load.