Mengunjungi Seniman “Urang Awak” di Yogyakarta dan Bandung, Melihat dan Mengamati Potret Perubahan Zaman Melalui Karya Melodia

oleh -
Melodia sedang menjelaskan salah satu lukisannya kepada semangatnews.com

Catatan : Muharyadi (Bagian Pertama)

Tak disangka, ditengah pandemi covid.19 semangat berkarya seniman seni rupa “urang awak” asal Sumatera Barat di luar daerahnya sendiri ternyata tak pernah kendor.

Kemudian dapat ditelusuri semangat meluapkan emosi untuk berkarya, berpameran dan berkarya lagi boleh dibilang cukup tinggi yang secara kuantitas dan kualitas memiliki implikasi kuat terhadap pertumbuhan dan perkembangannya dalam arus globalisasi saat ini.

Baca Juga:  Menpora RI Zainudin Amali Dukung Program ISORI,Grand Design Olahraga Nasional

Hal ini setidaknya dapat dijadikan barometer bahwa seni rupa sebagai bagian kebudayaan yang ada sudah melekat sejak lama bahkan hingga kini bagi urang awak dimana pun berada. Terlebih di daerah istimewa Yogyakarta yang menurut hitungan-hitungan angka jumlah personal dengan rata-rata memiliki pendidikan seni di daerah ini jumlahnya mencapai ratusan orang dari berbagai usia.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Babinsa Tangkis Bersama Dengan Petugas Kesehatan Laksanakan Tracking Kepada Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19
Melodia, Hiduplah Indonesia Raya, cat minyak 150 x 200 cm

Yang menarik dunia seni rupa saat ini sebagaimana lazimnya pertumbuhan dan perkembangan dunia seni rupa di tanah air, tidak hanya semakin kaya, tetapi juga kian kompleks, dikarenakan pergeseran bukan hanya dalam persoalan pada ranah nilai estetis, tetapi juga dalam proses penciptaan kekaryaan yang terus menyuguhkan fenomena isian-isian baru pada karya yang lahir untuk publik.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Minta OPD Terkait Segera Tindak Lanjuti Hasil Kunjungan Wapres RI Dan Beberapa Menteri Ke Sumbar

Keseriusan para perupa mengamati, mengenali, dan membaca bagaimana kebudayaan bergerak sangat dibutuhkan. Para perupa mau tidak mau dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup agar mampu membaca dengan baik perubahan kebudayaan yang semakin dinamis guna menyiasati gejala-gejala alam, sosial, dan perkembangan ilmu pengetahuan yang melatarbelakangi penciptaan karya seni.