Menuju Pemilihan Wawako ; Mana Ada Orang Gila yang Mau Jadi Wawako

oleh -

Menuju Pemilihan Wawako ; Mana Ada Orang Gila yang Mau Jadi Wawako
Oleh Miko Kamal
Legal Governance Specialist

Ada yang menghembuskan isu. Ada orang gila yang mau jadi Wawako. Muda berdegap dan uangnya tidak berseri. Segerobak uang sudah disiapkannya, pembeli kursi yang sedang tak bertuan. Urusan dengan 45 anggota DPRD akan dibereskannya. Apalagi dengan 2 partai. Begitu isunya.

Baca Juga:  Pastikan Penanganan Covid Sudah Berjalan, Wali Kota Riza Falepi Sidak Ke Posko PPKM Mikro Kelurahan

Saya tidak percaya. Itu cerita hembus-hembus saja. Memperenak duduk di lapau. Teman ketan dan goreng saat minum pagi di bulan biasa.

Logikanya begini. Wawako adalah pembantu, mirip dengan posisi pembantu di rumah tangga. Wawako bekerja sesuai selera wako, tuannya. Disuruh dia berajalan. Ditegah dia harus pula berhenti. Sebagai pembantu, banyak cincong sekali jangan. Sebab, setiap saat, tali aki wawako bisa saja dicabut.

Baca Juga:  Menuju Pemilihan Wawako; Janganlah Merendahkan DPRD

Sudah banyak cerita praktis tentang ini; wawako dan wakil bupati (wakil kepala daerah) yang dianggap terlalu maju kipernya dibiarkan saja duduk manis hampir seperiode oleh kepala daerahnya. Tanpa kegiatan apa-apa. Makan gaji buta saja dari bulan ke bulan. Tampilan oke. Hilir mudik berpelat merah nomor 2. Pekerjaan tidak jelas. Serupa syair lagu pengangguran tingkat tinggi tempo lama.

Baca Juga:  2 Unit Rumah Hancur Gara-gara Main Petasan di Gebangsari,Cilacap

Jadi pembantu kreatif tidak boleh? Boleh saja, asal tetap di bawah kendali wako. Terlalu kreatif jangan. Harus diagak-agak, agar wajah wako tidak tertutup karena kreatifitas yang berlebihan.