Miris! Jalan Sagitsi Rusak Parah

oleh -

Miris! Jalan Sagitsi Rusak Parah

Semangatnews, Sipora – Jalan dusun Sagitsi timur, desa Nemnemleleu, kecamatan Sipora selatan, kabupaten kepulauan Mentawai rusak parah yang disebabkan setiap hari dilalui mobil bermuatan material. Sementara jalan itu standar jalan kendaraan roda dua. Akibatnya, masyarakat yang menuju ke tiga desa di kecamatan Sipora selatan sulit melalui jalam tersebut.

Menurut seorang warga desa lain yang melewati jalan itu bahwa jalan telah setahun lebih rusak parah. Ia berharap kepada Pemerintah Desa Nemnemlelu agar memberikan Solusi terkait permasalahan yang terjadi. “Terkadang karena kesalnya saya sampai mengucapkan kata-kata kotor akibat jalan ini yang sulit dilalui,” katanya kepada Wartawan. Jumat, (12/07/2019).

Ditempat terpisah, Sekretaris Desa Nemnemleleu, Balsanus mengatakan bahwa, jalan sagitsi timur itu meeupakan jalan Nasional atau Provinsi. Jadi pihak desa tidak dapat menganggarkan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk memperbaiki jalan itu.

baca juga : Pejabat Jangan Sampai Meng ‘outsourcing’ kan Pekerjaannya Apalagi ‘Ngebos’

“Pihak desa sudah melakukan masyawarah untuk membenahi jalan itu. Namun pihak pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai tidak menyetujui rencana kami tersebut,” katanya.

Namun pihaknya mengambil alternatif dengan melakukan diskusi dengan dusun Sagitsi timur, Bilser untuk membenahi jalan dengan cara berkoordinasi dengan pihak Kontraktor perusahaan yang memiliki proyek di desa Nemnemleleu. Dan pihak Perusahaan bersedia memenuhi itu. Namun terkendala dengan tanah timbunan.

“Saat ini kita terkendala dengan tanah timbunan untuk jalan. Sementara tanah untuk jalan itu cocoknya di Wilayah Loppon Km-02. pemilik tanah tidak menyetujui memberikan tanah untuk timbunan jalan secara gratis,” terang Balsanus.

baca juga : Polres Payakumbuh Tangkap Terduga Bandar Narkoba Di Pinggir Jalan

Selanjutnya, Disebutkan Balsanus, karena tidak ada Relokasi ADD untuk jalan. Pihaknya, menunggu diskusi berikutnya. Karena Desa Nemnemlelu juga telah memperbaiki jembatan di dusun Nemnemleleu timur.

Untuk mobil proyek Losmen Katiet yang selalu menggunakan jalan. Pihaknya juga telah bekoordinasi untuk memperbaiki jalan apabila rusak, itu sudah mereka lakukan menimbun dengan batu dan kayu. Tapi jalan tetap saja rusak. Karena kondisi tanah yang temasuk tanah rawa, tutup Balsinus.

Menurut data, Desa Nemnemleleu terbagi dari 6 dusun yakni dusun Nemnemleleu utara, nemnemleleu tengah, nemnem selatan, sagitsi timur, sagitsi tengah dan sagitsi barat.(Erik)