Muhammad Ikhsan, Asal Payakumbuh Wakili Sumbar di Ajang Jambore Pemuda Indonesia 2019 di Manado

oleh -
IMG-20190819-WA0000-01

Muhammad Ikhsan, Asal Payakumbuh Wakili Sumbar di Ajang Jambore Pemuda Indonesia 2019 Di Manado

Semangatnews, Payakumbuh – Muhammad Ikhsan mencatatkan namanya sebagai 1 dari 12 orang se kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti Jambore Pemuda Indonesia 2019 di Manado, Sulawesi Utara, bulan November mendatang.

Warga Kelurahan Tiakar, Payakumbuh Timur itu merupakan lulusan SMAN 1 Payakumbuh yang sekarang sebagai mahasiswa aktif di Universitas Negeri Padang (UNP) jurusan Pendidikan Olahraga.

Lelaki yang lahir di Kota Payakumbuh 5 Agustus 1999 silam itu bercerita semenjak kecil dirinya telah menaruh ketertarikan terhadap olahraga, terutama sepak bola. Maka prestasinya dalam ajang Danone Nations Cup Indonesia pada 2011 lalu sudah tidak diragukan lagi.

Disamping itu, Ikhsan adalah pecinta alam yang mengisi waktu luang untuk berbagai kegiatan alam. Sifat dasar berupa rasa penasaran yang telah mendiami dirinya sejak 20 tahun silam nampaknya selalu mendorong atlet Porprov itu untuk melakukan hal-hal baru.

“Pada tahun 2017 saya dinobatkan sebagai Uda wakil 2 Kota Payakumbuh, lalu saya mulai aktif dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kepariwisataan dan kebudayaan, termasuk dalam bidang seni tradisional maupun modern. Untuk saat ini saya tengah mengasah kemampuan saya dalam bidang public speaking, terutama sebagai radio jockey dan MC formal maupun nonformal,” terang Ikhsan.

Kasi Pemuda Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Rudi Arnel menyebut untuk mengirim peserta terlebih dahulu ke tingkat provinsi, Pemko Payakumbuh mengambil yang terbaik dari yang baik. Artinya Muhammad Ikhsan dinilai sudah memenuhi kriteria yang diinginkan sehingga akhirnya bisa mencapai ketingkat Nasional.

“Persiapan ketingkat lanjut, kita sudah menyiapkan pakaian daerah, bahan, dan bekal yang bisa ditampilkan oleh Muhammad Ikhsan dari daerah untuk ketingkat nasional, dari Pemko sendiri akan memfasilitasi Ikhsan agar hasil yang akan dicapai nanti sesuai dengan usaha yang kita lakukan,” kata Arnel, Minggu (18/8) malam.

Dikatakan Arnel, Muhammad Ikhsan akan berada di Kota Padang dan diberikan pembekalan oleh Disparpora Provinsi pada hari Sabtu dan Minggu, sebelum keberangkatannya ke Jakarta untuk di Karantina.

“Untuk tingkat nasional, ke 12 pemuda dan pemudi utusan Sumbar tersebut, bakal saling bersaing dengan seluruh provinsi, akan banyak hal yang akan dinilai dalam Jambore Pemuda Indonesia itu, seperti gagasan, pikiran, seni, budaya dan banyak hal lainnya,” pungkas Arnel.