Musrenbang RKPD Diharapkan Jadi Solusi Pembangunan Kota Padang

oleh -

Musrenbang RKPD Diharapkan Jadi Solusi Pembangunan Kota Padang

Semangatnews, Padang – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang telah menyusun perencanaan pembangunan diharapkan tidak hanya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi saat ini. Namun juga diharapkan bisa mengatasi masalah yang terjadi dimasa yang akan datang.

Rancangan pembangunan harus dapat melihat dan menjadi solusi bagi masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat dari berbagai aspek.

Kita harus mampu melihat permasalahan ditengah masyarakat dari berbagai sisi dan aspek, seperti kondisi infrastruktur, fasilitas kesehatan, pendidikan, potensi ekonomi serta kondisi sosial masyarakat. Sehingga nantinya pembangunan yang dilaksanakan tepat sasaran.

Pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kecamatan tahun ini merupakan pelaksanaan tahun kedua dari periode RPJMD 2019-2024.

Musrenbang ini merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk memberikan masukan sekaligus mengambil kesepakatan mengenai kegiatan pembangunan baik untuk wilayah kecamatan maupun untuk kegiatan perioritas yang akan diusulkan ke tingkat kota.

Musrenbang ini membahas banyak usulan kegiatan yang telah dilaksanakan di tingkat RT/RW, dan kelurahan. Dalam Musrenbang ini, usulan masyarakat didominasi pembangunan betonisasi jalan dan drainase. Musrenbang membahas dan menyepakati usulan pembangun ditingkat kelurahan yang menjadi perioritas di setiap Kecamatan.

Musrenbang ini diikuti Anggota DPRD Kota Padang, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), Lurah, Perwakilan perangkat daerah, unsur PKK, Majelis Taklim, Bundo Kanduang kecamatan, unsur kepemudaan, tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.