Nagari Paninjauan Harapkan Pemprov Sumbar Bantu Bangun Embung

oleh -

Nagari Paninjauan Harapkan Pemprov Sumbar Bantu Bangun Embung

SEMANGATNEWS.COM- Nagari Paninjauan, Kec. X Koto, Kabupaten Tanah Datar telah 10 tahun berharap dapat membangun embung, yang gunanya untuk menampung air mengairi areal pertanian dan juga kebutuhan air minum. Tapi sampai sekarang dana pembangunan embung tidak kunjung ada dan berharap adanya bantuan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Harapan masyarakat itu diungkapkan Wali Nagari Paninjauan IC Datuak Batuah Nan Kuniang dan Ketua KAN Gustiar Djamal Datuak Sinaro Panjang ketika menerima Tim Komisi 1 DPRD Sumbar dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Sabtu (20/2) lalu.

Baca Juga:  Pemkab Pessel, Mutakhirkan Data Kepemilikan Lahan Perkebunan

Menurut IC Datuak Batuah Nan Kuniang, embung yang akan dibangun itu terletak di Jorong Tabu Baraia, arah ke kaki Gunung Marapi. Luasnya direncanakan 3 hektar, dengan perkiraan biaya Rp8 miliar hingga Rp10 miliar.

“Pada tahun 2020 lalu anggaran untuk pembangunan embung ini pernah masuk dalam usulan APBD Sumbar, namun kemudian hilang pada saat pembahasan. Kami berharap pada APBD 2022 mendatang dapat dianggarkan kembali untuk pembangunan embung Nagari Paninjauan,” kata Wali Nagari Paninjauan IC Datuak Batuah Nan Kuniang.

Baca Juga:  Bupati Sutan Riska Terpilih Sebagai Ketua Umum APKASI Periode 2021-2026

Ditambahkan oleh Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari) Paninjauan Gustiar Djamal Datuak Sinaro Panjang, dengan adanya embung di Paninjauan, dapat menjaga ketersediaan air minum untuk sumur penduduk, air untuk areal lahan pertanian masyarakat dan menopang ketersediaan air minum untuk Kota Padang Panjang.