Nasrul Abit Letakan Batu Pertama Pembangunan Replika Roemah Djoeang Mr. Syafruddin Prawiranegara

oleh -

Nasrul Abit Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Replika Roemah Djoeang Mr. Syafruddin Prawiranegara

Limapuluh Kota — Peletakan batu pertama Pembangunan Replika Roemah Djoeang Mr. Syafruddin Prawiranegara (Pemerintah Darurat Republik Indonesia), yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang didampingi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Riki Saputra.

Usai peletakan batu pertama, Nasrul Abit menceritakan perjuangan Mr. Sjafruddin Prawiranegara yang merupakan salah satu tokoh nasional di masa kemerdekaan. Beliau sempat menjabat Presiden PDRI, dimasa agresi militer Belanda.

Selepas itu, Mr Sjafruddin sempat menjabat Menteri Keuangan dan Wakil Perdana Menteri era RIS.

“Beliau memiliki dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas. Sikap tersebut patut kita tiru, beliau sosok yang bersih dari korupsi, terlihat dari kehidupannya yang relatif miskin. Ini yang harus menjadi contoh kepada anak bangsa,” kata Nasrul Abit disela sela kegiatan peletakan batu pertama roemah joeang di Mudiak Dadok, Selasa (1/9/2020)

Selanjutnya, Nasrul Abit menjelaskan pembangunan roemah Joeang diinisiasi oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Untuk mengingat kembali perjuangan Mr Sjafruddin Prawiranegara mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI), yang tidak dimiliki oleh para pendiri bangsa dan negara lainnya.

“Ibu Kimah ini salah seorang yang pernah memberikan minum pada beliau. Ia tahu betul bagaimana kiprahnya dalam perjuagan merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI,” ucapnya.

“Tentu kita do’akan, agar jasa-jasa beliau diterima di sisi Allah SWT dan beliau di masukan kedalam Sorga, atas perjuangannya,” tambah Nasrul Abit.